Beda garansi TAM dan distributor apa sih? Emang bedanya di mana, dalam hal apa? Ya secara nama juga udah beda keles, hehe. Ini kerap menjadi pertanyaan banyak orang nih, bedanya di mana?
Mengetahui beda garansi TAM dan distributor tuh penting banget buat kalian yang lagi pengin beli hape baru nih. Hape merk Xiaomi misalnya, hape asal Cina ini awalnya gak ada penyesuaian dengan standar Indonesia secara software maupun hardware-nya. Makanya suka ada fitur yang gak berfungsi.
Udah, biar lebih jelas, simak aja nih ulasan tentang beda garansi TAM dan distributor.
1. Gak ada Google Play, gak bisa di-update juga
Kalo gak pake garansi resmi ya gak ada Google Play-nya gengs (jd.id)
Beda garansi TAM dan distributor pertama terletak dari penggunaan ROM-nya. ROM versi Cina biasanya dari garansi distributor. Kalo garansi resmi udah pake ROM versi global dong.
ROM kan sistem Android yang ada di hape kita nih, jadi itu penting banget. Kalo pake ROM versi China, bahasa yang tersedia cuma bahasa Mandarin dan Inggris doang.
Makanya di ROM versi China, gak ada Google, karena diblokir, termasuk beberapa aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Udah gitu, ROM versi China juga gak bisa update MIUI kalo di Xiaomi.
Sementara semua kemudahan bisa diperoleh kalo kita mendapat hape dari garansi resmi. Meski begitu, kini ROM dari garansi distributor udah ada juga sih yang menggunakan bahasa Indonesia.
Tapi problemnya, ROM dari garansi distributor tetep gak bisa menerima update tuh. Jadi kinerjanya ya apa adanya.
2. ROM-nya gak stabil
Katanya, ROM-nya berbahasa Mandarin gengs (noreplied.com)
Karena disediakan oleh distributor, maka ROM distributor ini gak sebagus ROM global dong. Banyak pengguna yang menemukan masalah dengan ROM dari distributor ini.
Mulai dari tiba-tiba ada aplikasi yang terinstal secara otomats, hape ke-restart sendiri, tiba-tiba mati lah, dan sejumlah masalah lainnya.
Karena masalahnya ada di ROM distributornya, solusi paling ampuh adalah dengan diisi (flashing) dengan ROM global. Caranya agak rumit, dan butuh skill dan aplikasi yang khusus. Kalo sampe salah flashing, malah bisa mati total loh.
3. Layanan purna jual
Kalo sekarang sih lebih nyaman, ada service center-nya nih (pasawahan.pwkdev.club)
Beda garansi TAM dan distributor terlihat di sini. Saat terjadi masalah pada hape Xiaomi garansi resmi ya kita tinggal dateng ke service center Xiaomi terdekat dan klaim garansi deh. Ini kan memudahkan ya?
Nah, kalo hapenya garansi distributor, maka kita harus bawa ke toko tempat kita beli hape itu. Nantinya, toko baru mengirimkannya ke distributor yang tak gak tau ada di mana.
Yang jelas, itu bakal makan waktu dan belum tentu selesai masalahnya. Dan kalo ada masalah, kita harus datengin ke tempat servis hape biasa. Jadi lebih baik pake garansi resmi atau distributor nih?
Nah, itu dia Beda garansi TAM dan distributor. Kalian pilih yang mana deh tuh.