Apple Beli Startup AI yang Bekerja Pada Perangkat Bertenaga Rendah

Apple Beli Startup AI yang Bekerja Pada Perangkat Bertenaga Rendah

Meski memiliki banyak sumber daya, kadang perusahaan besar masih membutuhkan dukungan tim tertentu untuk mengembangkan satu fitur khusus yang memakan banyak pikiran. Tak terkecuali Apple, mereka dilaporkan mengakuisisi startup AI berbasis di Seattle bernama Xnor.ai. 

Ini bukan kali pertama Apple mengakuisisi perusahaan pengembang teknologi AI. Bedanya startup ini berspesialisasi dalam mengembangkan AI yang dapat dijalankan pada perangkat berbasis daya bertenaga rendah.

Apple beli startup pembuat AI untuk perangkat bertenaga rendah (engadget.com)

Jika selama ini AI Apple bekerja melalui skema cloud. Sangat mungkin suatu saat teknologi ini dapat membuat Apple mampu memabwa perangkat lunak AI ke perangkat iPhone.

Meski berpotensi membawa perubahan teknologi yang cukup edgy, Apple memberikan respons standar: "Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, dan kami biasanya tidak membahas tujuan atau rencana kami." 

Tapi satu ilustrasi Xnor.ai, dibagikan oleh GeekWire, menunjukkan alat penglihatan komputer yang mengidentifikasi objek dalam foto menggunakan perangkat lunak pada iPhone. Itu mungkin jenis kemampuan yang bisa kita nantikan.

Apple beli startup pembuat AI untuk perangkat bertenaga rendah (tekno.kompas.com)

Menurut GeekWire, Apple menghabiskan $ 200 juta untuk Xnor.ai, yang dipisah dari Allen Institute for Artificial Intelligence, atau AI2, yang diciptakan oleh co-founder Microsoft Paul Allen. 

Jumlah ini hampir sama banyak dengan yang dihabiskan Apple untuk Turi, startup AI lain yang diakuisisi perusahaan pada 2016. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple juga membeli startup self-driving Drive.ai, perusahaan AI Silk Labs yang berpusat pada privasi dan teknologi suara startup PullString.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"