AMD Akan Tambahkan Fitur Ray Tracing untuk GPU Flagship Mereka Desember Nanti

AMD Akan Tambahkan Fitur Ray Tracing untuk GPU Flagship Mereka Desember Nanti

Kata kunci besar dengan kartu grafis dan pc gaming saat ini jelas merupakan ray tracing. Dan sebagian besar, jika secara teknis tidak bisa disebut sebagai seluruhnya, eksklusif untuk kartu grafis NVIDIA.

Tetapi sepertinya Team Red mungkin bergabung dengan Team Green (dan bahkan Team Blue) untuk menghadirkan pilihan ray tracing lebih luas lagi bagi konsumen akhir tahun nanti. 

Rumor terbaru mengatakan jika AMD Navi GPU nanti akan menerima pembaruan driver baru yang akan menambahkan dukungan ray tracing untuk kartu grafis seri Radeon RX 5000.

Seperti seri Radeon RX 5500 dan flagship Radeon RX 5700 series, yang sempat terlihat memiliki fitur tersebut pada driver Radeon AMD terbaru untuk gim Gears 5. 

AMD tambahkan fitur ray tracing (guru3d.com)

GPU Navi generasi dari AMD memang tidak memiliki dukungan hardware penuh untuk ray tracing. Tetapi GPU Navi generasi kedua yang datang pada tahun 2020 adalah GPU Navi khusus yang dibuat perusahaan untuk konsol next-gen yakni Xbox Scarlett dari Microsoft dan PlayStation 5 dari Sony.

Sedangkan informasi yang beredar kedua konsol ini akan memiliki dukungan ray tracing yang penuh meskipun dijalankan secara berbeda. 

Jika informasi tersebut akurat, maka upaya AMD untuk menghadirkan dukungan ray tracing melalui perangkat lunak akan menjadi hal yang menarik. 

Dan meskipun mungkin bukan sesuatu yang akan digunakan sebagian besar gamer, keberadaan tambahan ini akan memungkinkan para pengembang gim untuk menggunakan Navi generasi saat ini untuk menguji teknologi ray tracing di game mereka.

AMD tambahkan fitur ray tracing (rockpapershotgun.com)

Meskipun terdengar sangat menjanjikan, sepertinya ray tracing belum siap untuk menjadi hal paling harus diperhatikan para gamer karena kinerjanya yang masih terlalu tinggi.

Tetapi suatu saat bisa saja terjadi. Mengingat pada saat ini sudah terdengar kabar jika NVIDIA akan meluncurkan GPU Ampere generasi berikutnya yang pastinya akan memiliki suntikan kinerja yang sangat besar. Terutama jika digunakan untuk menghadirkan fitur ray tracing.

Serta Navi generasi kedua juga akan menjadi GPU yang jauh lebih cepat daripada Navi 10 saat ini. Dan untuk membuktikannya AMD bisa mencoba menambah fitur tersebut ke dalam flagship Radeon RX 5700 XT bulan Desember nanti.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"