AMD Akan Rilis Prosesor Threadripper Baru, Monster yang Bisa Diandalkan Para Pembuat Konten

AMD Akan Rilis Prosesor Threadripper Baru, Monster yang Bisa Diandalkan Para Pembuat Konten

AMD sepertinya tak lagi menutup-nutupi kalau mereka akan meluncurkan chip Threadripper 3990X 64-core buat para kreator sekitar tahun 2020. 

Meskipun saat ini perusahaan tidak banyak memberikan detail selain mengatakan bahwa prosesor tersebut akan memiliki 64 core dan 128 thread, total cache 288MB dan mengkonsumsi daya 280 watt (TDP). 

Informasi paling penting yakni harga, Threadripper memang relatif tak pernah murah, walau kita setidaknya berharap harganya cukup beberapa ribu dolar saja.

Prosesor AMD Threadripper baru (engadget.com)

3990X kemungkinan akan menjadi jawaban workstation AMD untuk arsitektur EPYC 7742 yang berorientasi server. Dengan demikian, ia akan memiliki delapan chiplet dengan masing-masing memiliki delapan core.

Sebelumnya CPU 3960X 24-core dan 3970X 32-core yang sudah lebih dulu beredar di pasaran memiliki empat chiplet dengan masing-masing mengantongi empat dan enam core.

Kita juga belum tahu apakah 3990X akan memiliki memori delapan saluran dengan 128 jalur PCIe 4.0 seperti EPYC atau memori empat saluran dan 64 jalur PCIe 4.0 seperti yang dimiliki 3960X/3970X. 

AMD juga belum mengatakan apakah prosesor ini akan berjalan pada platform "Socket sTRX4" yang sama dengan dua chip sebelumnya, atau apakah ia akan menggunakan soket EPYC SP3, atau bahkan platform yang semuanya baru.

Prosesor AMD Threadripper baru (engadget.com)

Berdasarkan kebocoran informasi dari MSI, skenario yang mungkin adalah 64 jalur PCIe 4.0 yang berjalan pada platform sTRX4 yang sama dengan 3960X dan 3970X. Sehingga bisa dibilang kalau AMD masih menyimpan arsitektur EPYC 7742 untuk kejutan yang lainnya.

AMD akhirnya memperbolehkan orang untuk me-review chip-chip terbaru mereka. Dan berdasarkan hasil yang sudah ada, kita bisa memprediksi bahwa 3990X akan menjadi monster workstation. 

Semua chip Threadripper dirancang bukan untuk bermain game, tetapi mengedit video, animasi 3D, dan pekerjaan pembuatan konten lainnya. 

Di wilayah ini, AMD menghancurkan Intel, mengalahkan i9-10980XE dan i9-9980XE di sebagian besar tolok ukur bahkan prosesor mereka mengonsumsi daya yang lebih kecil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"