6 Tips Menghemat Listrik di Rumah, Kasih Tahu Anggota Keluargamu

6 Tips Menghemat Listrik di Rumah, Kasih Tahu Anggota Keluargamu

Pusing karena biaya listrik di rumah mahal? Mungkin kamu dan anggota keluarga boros dalam pemakaian listrik. Tips menghemat listrik bisa banget dilakukan supaya pengeluaraan besar setiap bulannya. Tanpa disadari karena hal-hal sederhana kadang membuat biaya listrik jadi mahal. Berikut beberapa tipsnya.

Pilih Lampu

Memilih lampu merupakan hal penting dalam menghemat listrik. Gantilah lampu di rumah dengan lampu LED. Meskipun lampu LED harganya mahal namun lampu jenis ini dianggap tidak menghabiskan banyak listrik. Misalnya lampu LED 7 watt sama dengan lampu bohlam 60 watt.

Saat ini banyak lampu-lampu LED yang sudah bisa disetting penggunaannya berdasarkan pencahayaan. Misalnya ketika waktu pagi sampai sore hari lampu akan otomatis mati sementara ketika malam hari, lampu akan menyala dengan sendirinya tanpa harus dioperasikan.

Tips Hemat Listik (Rukita)

Menyalakan Lampu Seperlunya

Setelah memilih lampu yang hemat listrik, kamu harus menyalakan lampu seperlunya. Nyalakan lampu apabila memang membutuhkan pencahayaan. Banyak orang yang tidak mematikan lampu karena lupa atau merasa listrik lampu tidak begitu besar. Padahal jika sering dinyalakan pasti biaya listrik akan mahal.

Lupa Mencabut Kabel Stop Kontak

Kebiasaan buruk tidak mencabut kabel stop kontak barang elektronik ternyata bisa membuat listrik semakin mahal. Mungkin dianggap meskipun barang elektronik tidak menyala bukan berarti kabel stop kontak tidak dicabut. Apabila barang tidak dipakai usahakan langsung mencabutnya.

Tidak Menyalakan AC Sepanjang Malam

Beberapa orang memilih tidak menyalakan AC di kamar sepanjang malam. Biasanya orang tersebut akan mematikan AC apabila ruangan sudah dingin sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Sebab menyalakan AC sepanjang mahal akan membuat daya listrik yang dipakai juga besar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"