5 Penggunaan Teknologi AI yang Bakalan Bikin Mudah Hidup Manusia, Termasuk Kamu Gengs

5 Penggunaan Teknologi AI yang Bakalan Bikin Mudah Hidup Manusia, Termasuk Kamu Gengs

Perkembangan teknologi semakin memudahkan kehidupan manusia. Meski banyak juga sih yang takut kalau AI dan robot malah akan bersaing dengan manusia. Menyebabkan banyak lapangan kerja berkurang dan semakin banyaknya pengangguran.

Artificial intelligence (AI) saat ini gak lepas dari keseharian manusia. AI merupakan program komputer yang dirancang mengikuti tindakan dan pola pikir manusia.

AI juga bisa mengembangkan dirinya sendiri dengan penambahan data dan beradaptasi. Kehadirannya di sejumlah perangkat teknologi sehari-hari mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Emang apa aja sih contoh penerapan AI yang ada di kehidupan sehari-hari? Kamu pasti udah pernah menggunakan dan menikmati fiturnya juga loh gengs.

1. Kamera smartphone

Kamera smartphone (analyticsindiamag.com)

Bikin pemandangan blur kayaknya biasa banget ya gengs buat smartphone. Tapi faktanya bokeh merupakan salah satu teknik yang awalnya cuma bisa dilakukan pakai kamera profesional. 

Tpi sekarang semua orang dengan hape canggih bisa bikin hasil foto bokeh. Semua ini berkat bantuan AI loh gengs. Adanya AI pada kamera smartphone dapat meningkatkan kemampuan lensa buat merekam, mendeteksi obyek dengan otomatis, dan memaksimalkan sejumlah pengaturan. Makanya hasil jepretan amatir jadi bagus.

2. Chatbot

Kalau kamu buka website atau mau belanja online, terus ada pesan masuk, nah itu kerja AI. Customer service dengan respons otomatis jadi pusat layanan dan informasi selama 24 jam setiap hari.

Kok bisa ya mereka menjawab? Soalnya seluruh informasi pelanggan yang berinteraksi dengan chatbot direkam. Misalnya alamat e-mail, nomor telepon, usia, gender, dan kebiasaan. Data soal produk juga udah direkam, jadi kayak kamu ngobrol sama manusia deh.

3. Personalisasi aplikasi

Sebagian besar dari kalian pasti pengguna tiga aplikasi ini lah ya gengs, Google, Youtube, dan Spotify. Pernah kepikiran gak sih kok mereka bisa ngasih rekomendasi yang kamu banget?

Yak, karena ada teknologi AI yang ditanam di dalamnya.

4. Virtual reality 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"