5 Kereta Tercepat di Dunia, Kereta Whoosh Indonesia Salah Satunya?

5 Kereta Tercepat di Dunia, Kereta Whoosh Indonesia Salah Satunya?

Ketika dunia menghadapi perubahan iklim, penerbangan jarak pendek terlihat semakin tidak menarik bagi banyak wisatawan. Kini, kereta api berkecepatan tinggi adalah alternatif paling efektif dibandingkan perjalanan udara untuk perjalanan hingga 700 mil (sekitar 1126,54 km). 

Mengangkut penumpang antar pusat kota dengan kecepatan 180 mph atau lebih, kendaraan ini menawarkan kombinasi menarik antara kecepatan dan kenyamanan.

Kemampuan kereta api cepat untuk memindahkan banyak orang dengan waktu singkat membuatnya jauh lebih efisien.

Sejak tahun 1980an, ratusan miliar dolar telah diinvestasikan dalam jalur kereta api berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi di seluruh Eropa dan Asia, yang dipelopori oleh Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Perancis.

Kereta tercepat di dunia versi Republika (visual.republika.co.id)

Berikut 5 kereta api tercepat di dunia

1. Shanghai Maglev China (460 km/jam)

Dengan titik berangkat stasius Pudong Shanghai dan titik tujuan stasiun Longyang Road di pusat kota, kereta ini memiliki kecepatan komersial maksimum 460 kilometer per jam, menyelesaikan perjalanan sejauh 30 kilometer (19 mil) hanya dalam tujuh setengah menit.

Berdasarkan teknologi Jerman, kereta Maglev berjalan di sepanjang jalur yang ditinggikan, magnet yang kuat memberikan perjalanan yang super mulus dan bebas gesekan.

Dengan menggunakan pengalaman yang diperoleh dari operasi reguler selama lebih dari satu dekade, Tiongkok kini telah mengembangkan kereta Maglev dengan kecepatan 600 kpj (373 mph) dan memiliki rencana ambisius untuk jaringan Maglev, termasuk jalur antara Shanghai dan Hangzhou.

2. CR400 ‘Fuxing’ China (350 km/jam)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"