4 Cara Scan Barcode, Mudah Gak Pakai Ribet!

4 Cara Scan Barcode, Mudah Gak Pakai Ribet!

Barcode jadi sebuah teknologi yang memungkinkan siapa saja untuk menuju ke link atau halaman tertentu hanya dengan mengarahkan layar ponsel mereka ke alat scanning. Biasanya, barcode sendiri digunakan pada sistem pembayaran digital.

 

Bahkan, beberapa aplikasi saat ini juga menggunakan barcode untuk bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut. Nah, diartikel ini, kami akan membahas soal tutorial cara scan barcode yang mudah, baik pada Android ataupun iPhone. Silakan disimak!

Pengertian Barcode

Pengertian Barcode Ilustrasi melakukan scanning barcode (inews)

Barcode diartikan sebagai sebuah kode dengan bentuk batang atau garis-garis tertentu dengan ketebalan yang berbeda-beda. Biasanya, barcode dipakai untuk menandai suatu barang dengan informasi tertentu.

 

Hampir seluruh barang yang kita gunakan saat ini memiliki barcodenya basing-basing. Barcode sendiri bisa digunakan pada barang-barang ritel, obat, produk penerbit hingga kartu identitas.

 

Baca juga: Praktis! Begini Cara Bagikan Password Wifi Lewat Scan QR Code di Android

 

Dan kini, seiring berkembangnya teknologi, barcode menggunakan mekanisme dengan sebuah teknologi yang bernama (Quick Response Code) QR Code. Sesuai dengan namanya, penggunaan QR Code bisa melewati proses scanning dengan cepat. Bentuk dari QR Code ini sendiri ialah kotak-kotak kecil dan 3 kotak pada ujung kodenya sehingga mudah dibaca oleh alat scanner.

 

Dengan QR Code, maka setiap pengguna bisa diarahkan ke berbagai jenis media dengan format beragam. Seperti video, foto, alamat email, website dan sebagainya. Teknologi QR Code ini jelas lebih aman karena mengurangi resiko terjadinya kesalahan scanning.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"