27 Februari: National Pokemon Day, Permainan Pokémon Memulai Debutnya di Game Boy

27 Februari: National Pokemon Day, Permainan Pokémon Memulai Debutnya di Game Boy

Permainan video Pokémon memulai debutnya di Nintendo Game Boy

Taukah kalian kalo hari ini merupakan tanggal bersejarah dalam video game Pokemon? Pada 27 Februari 1996, video game Pokemon memulai debutnya di Nintendo Game Boy.

Yuk kita simak sejarah Pokemon selengkapnya berikut ini.

Pokemon sendiri adalah kependekan dari Pocket Monster. Ini berawal dari majalah gaming pada awal tahun 1980-an di Jepang 'Game Freak' dan dimulai oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori. 

Game Freak (rewindandcapture.com)

Tajiri merupakan penulis dan Sugimori ilustratornya. Keduanya lalu menyadari kalo scene arcade waktu itu nggak terlalu bagus lagi. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat video game sendiri.

Mereka membuat game yang akhirnya dipublikasikan oleh Nintendo di NES dan Game BOY seperti Yoshi dan game untuk SEGA seperti Magical Taruruto-kun di Mega Drive, konsol SEGA.

Saat Tajiri mengajukan ide Pokemon pada Nintendo, pihaknya nggak begitu paham dan tertarik. Tetapi, Tajiri memanfaatkan keraguan tersebut dengan keberhasilannya dari judul-judul di majalah Game Freak sebelumnya. 

Pokemon Red and Green (scmp.com)

Dia kerja di bawah bimbingan Shigeru Miyamoto untuk membuat Pocket Monsters: Red and Green, sebuah permainan yang menggabungkan pengumpulan dan perdagangan monster. Dari situlah mulai muncullah franchise game terbesar kedua yang pernah ada setelah Mario.

Pada 26 Februari 1996 jadi hari bersejarah karena Pokemon debut di Nintendo Game Boy di Jepang dengan Pocket Monsters: Red and Green.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"