20 November: Modul Pertama Stasiun Luar Angkasa Internasional Meluncur, Simak Fakta Uniknya!

20 November: Modul Pertama Stasiun Luar Angkasa Internasional Meluncur, Simak Fakta Uniknya!

Taukah kalian kalo tanggal 20 November adalah hari bersejarah? Pada tanggal 20 November 1998, sebuah modul pertama stasiun internasional diluncurkan. Modul dengan nama Zarya ini meluncur dari Kosmodrom Baikonus di Kazakhstan yang dikelola pemerintah Rusia waktu itu.

Nama Zarya sendiri artinya fajar. Nama yang unik, kan? Zarya pun dikenal sebagai cargo block fungsional (FGB). FGB nyediain daya listrik, penyimpanan, penggerak, dan bimbingan ke ISS atau stasiun luar angkasa internasional selama tahap awal dirakit.

Zarya, modul pertama stasiun luar angkasa internasional (issnationallab.org)

Modul Zarya menjadi cikal bakal stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang dikenal sekarang. Tentunya Zarya jadi sesuatu yang membanggakan dan berguna bagi kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. 

Sebenernya, proyek modul pertama stasiun luar angkasa internasional ini hampir nggak diteruskan. Soalnya waktu itu anggarannya mahal. Makanya, pembuatan sempat ditunda.

astronot dan kosmonot (reddit.com)

Akan tetapi, abis Perang Dingin, akhirnya proyek dilanjutkan lagi. Proyek ini adalah gabung dari tim NASA dan Rusia.

Dalam proyek Zarya ini, ada 1 astronot, 2 kosmonot yang jadi wakil dari NASA dan Rusia. Astronotnya bernama Bill Sheper. Sementara itu, kosmonotnya ialah Yuri Gidzenko dan Sergei Krikalev.

Mereka bertiga tiba di stasiun luar angkasa internasional pada 2 November 2000. Pada waktu tersebut, ISS nggak mengelilingi Bumi per 90 menit. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"