Pro Kontra Artis Adopsi Boneka Arwah, Benarkah Hanya Setingan Agar Boneka Laku Terjual?

Pro Kontra Artis Adopsi Boneka Arwah, Benarkah Hanya Setingan Agar Boneka Laku Terjual?

Bukan mobil mewah atau barang branded, sejumlah artis memutuskan untuk mengadopsi boneka arwah  atau spirit doll. Banyak warganet menduga kebiasaan ini dianggap sebagai gangguan psikologis atau perlaku menyimpang. 

Sebut saja nama-nama seperti Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Ruben Onsu dan Sarwendah, Roy Kiyoshi, dan beberapa artis lain. Apakah mengoleksi atau mengangkat boneka sebagai anak angkat menjadi tren semata? Atau ada sisi lain terkait upaya untuk mendongkrak penjualan boneka tersebut setelah dikoleksi artis?

Ivan Gunawan alias Igun sengaja mengangkat boneka sebagai anak karena dirinya merasa alami kesepian. Ia sempat ingin mengadopsi anak, namun dia merasa sulit dan tidak sanggup. Akhirnya desainer dan presenter itu memutuskan untuk mengadopsi dua boneka sekaligus.

Artis Adopsi Boneka Arwah (Tribun)

Psikolog Kasandra Putranto pun buka suara terkait fenomena para artis yang mengadopsi boneka untuk dijadikan anak. Menurutnya setiap manusia memiliki kebutuhan, bisa jadi mengoleksi atau mengangkat boneka sebagai anak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Boneka bisa dijadikan refleksi dari kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya kalau anak kecil memakai boneka untuk menemani tidur, lalu orang dewasa bisa digunakan untuk mengekspresikan dirinya, jadi ada manfaatnya,” kata Kasandra dalam wawancara lewat virtual pada (3/1).

Kasandra juga mengatakan fenomena artis mengoleksi boneka bisa jadi sebagai cara strategi untuk meningkatkan penjualan atau sisi marketing boneka itu. Tak dipungkiri para artis memiliki penggemar yang banyak, bisa jadi para penggemar jadi ikut-ikutan membeli boneka tersebut meniru sang idola. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"