Miss Universe Organization Cabut Lisensi Capella Swastika Raya, Bagaimana Nasib Fabienne Nicole?

Miss Universe Organization Cabut Lisensi Capella Swastika Raya, Bagaimana Nasib Fabienne Nicole?

Laporan terkait dugaan pelecehan seksual dan body shaming pada para finalis Miss Universe 2023 akhirnya berbuntut panjang. Miss Universe Organization (MUO) akhirnya resmi mencabut lisensi PT Capella Swastika Raya sebagai penyelenggara yang sah di Indonesia.

Padahal, ajang ini telah menetapkan Fabienne Nicole sebagai pemenang Miss Universe Indonesia 2023 dalam grand final yang digelar pada 3 Agustus kemarin. Lalu bagaimana kelanjutan polemik ini? Berikut ulasannya!

Pencabutan Lisensi PT Capella Swastika Raya

Pencabutan Lisensi PT Capella Swastika Raya Polemik Miss Universe Indonesia 2023 (via IDN Times)

Pencabutan lisensi resmi diumumkan oleh Miss Universe Organization melalui unggahan di akun Instagram Story resmi. Laporan terkait dugaan pelecehan seksual dan body shaming telah sampai ke pihaknya dan menjadi pertimbangan MOU untuk melanjutkan kerja sama dengan PT Capella Swastika Karya.

"Miss Universe Organization telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pemegang lisensi di Indonesia, yakni PT Capella Swastika Karya, dan National Director Poppy Capella,” bunyi pernyataan pihak MUO yang diunggah di Instagram Stories @missuniverse pada Sabtu (12/8/2023).

“PT Capella Swastika Karya juga tidak akan memegang lisensi Miss Universe Malaysia 2023 dan tidak akan diperpanjang kontrak tambahan dari organisasi kami. Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023,” lanjut organisasi Miss Universe di Instagram-nya, Minggu (13/8/2023).

Selain itu, pihak MUO juga menjelaskan alasan di balik pemutusan kerja sama tersebut. Dalam keterangan resmi yang diunggah di media sosial, Miss Uniberse Organization mengungkapkan bahwa franchise yang ditunjuk tidak memenuhi standard kualifikasi sehingga relasi terpaksa diputuskan.

“Mengingat apa yang telah kami pelajari pada kejadian di Miss Universe Indonesia, menjadi jelas bahwa franchise ini tidak memenuhi standar merek, etika atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan waralaba kami,” jelas Miss Universe Organization.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"