Menohok! Gini Pesan Najwa Shihab Saat Terima Penghargaan Sosok Inspiratif, Singgung Intimidasi Saat Bicara Kebenaran

Menohok! Gini Pesan Najwa Shihab Saat Terima Penghargaan Sosok Inspiratif, Singgung Intimidasi Saat Bicara Kebenaran

Presenter sekaligus jurnalis Najwa Shihab terpilih untuk meraih penghargaan dalam kategori Public Figure Inspiratif Terpopuler di ajang penghargaan Indonesian Television Awards 2022 (ITA 2022) pada 22 September 2022. Wanita 45 tahun itu dipilih karena sosoknya yang dikenal cerdas, lantang, berani, patriotik, memotivasi dan selalu memberi contoh baik untuk bicara kebenaran.

Dalam kesempatan itu, Najwa Shihab yang menerima piala tersebut secara langsung di studio MNC, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengaku bersyukur atas penghargaan yang diberikan padanya. Najwa juga menyatakan tugas penting jurnalisme untuk menyuarakan apa yang dianggap penting oleh publik.

"Terima kasih banyak atas penghargaan ini. Teman-teman hari-hari ini di tengah tsunami informasi dan virus dusta yang meracuni udara, saya percaya salah satu tugas jurnalisme adalah menggaungkan suara publik," ungkap Najwa Shihab dikutip dari YouTube Indonesian Television Awards.

"Sesederhana itu sebetulnya yang saya lakukan dan dilakukan begitu banyak jurnalis lain. Menyuarakan apa yang kami anggap penting. Ada banyak kebenaran, manis atau pahit yang semuanya harus berani dibicarakan secara bersama-sama hari ini," sambungnya putri ulama Quraish Shihab itu.

Najwa Shihab Terima Penghargaan di ITA 2022 (YouTube/Indonesian Television Awards)

Seiring dengan ini, Najwa Shihab tidak memungkiri kalau upayanya untuk menyuarakan kebenaran akan selalu menghadapi perlawanan dalam bermacam bentuk, salah satunya intimidasi dari berbagai pihak. Hal ini bertujuan untuk merobohkan nyali agar orang takut untuk berbicara kebenaran.

"Dan dalam upaya untuk membicarakan kebenaran selalu ada usaha untuk merobohkan nyali, lewat intimidasi, beragam intimidasi, macam-macam bentuk intimidasinya. Tapi tujuannya selalu satu membangun rasa ngeri, menakut-nakuti supaya kita berhenti. Dan siapa pun bisa mengalami itu. Termasuk teman-teman yang hadir malam ini di sini, teman-teman yang berdiri di panggung ini,” jelas Najwa Shihab.  

Menurut wanita yang disapa Nana ini, para publik figur punya daya untuk menularkan keberanian dalam menyuarakan kebenaran di publik. Dalam momen itu juga, Najwa Shihab mengajak publik figur dan masyarakat untuk berani dalam berbicara, mengutarakan kebenaran. Dia berharap tidak ada lagi orang-orang yang menolak untuk memperjuangkan kebenaran.

"Teman-teman adalah kelompok orang-orang yang begitu mudah dicintai karena populer karena karya dan juga karena tindakan sehari-hari yang menginspirasi dan inspiratif itu sebetulnya itu punya daya tular karenanya mari rapatkan barisan teman-teman," lanjutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"