Hilman Hariwijaya dan Kenangan Tentang Lupus Bagi Remaja Era 80-an

Hilman Hariwijaya dan Kenangan Tentang Lupus Bagi Remaja Era 80-an

Penulis novel fenomenal era 80-90-an, Lupus, Hilman Hariwijaya dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (9/3/2022). Pria kelahiran Jakarta, 25 Agustus 1964 ini disebut mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 08.02 WIB.

Semasa hidupnya, Hilman Hariwijaya menemani perjalanan remaja era '80-an. Penulis yang tutup usia di angka 57 ini mulai dikenal sejak menulis cerita pendek Lupus di majalah Hai pada Desember 1986.

Dengan judul yang sama, cerita pendek itu kemudian dikembangkan menjadi novel Lupus. Ia bersama dua penulis lainnya, yakni Gusur Adhikarya dan Boim Lebon, membuat itu dan dikenal dengan trio penulis novel Lupus.

Penulis Novel Lupus, Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia (Liputan6.com)

Sebagai informasi, Lupus merupakan novel yang meledak pada masanya. Novel Lupus pertama diterbitkan pada tahun 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak.

Tokoh Lupus identik sekali dengan permen karet yang tak pernah lepas darinya. Model rambut berjambul yang sering dihina Lulu, sang adik, punya sebutan sarang Burung. Karakter tersebut juga dikenal dengan sifatnya yang konyol, hingga membuatnya disukai oleh seluruh teman-temannya.

Selain menulis cerita pendek dan novel Lupus, Hilman Hariwijaya juga pernah menjadi penulis naskah beberapa film, seperti Dealova (2005), The Wall (2007), Anak Ajaib (2008), Suka Ma Suka (2009), dan Rasa (2009).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"