Gak Semudah Itu Rudolfo, Berikut Lika Liku Eksperimen Bercocok Tanam di Mars yang Ternyata Susah Bingit

Gak Semudah Itu Rudolfo, Berikut Lika Liku Eksperimen Bercocok Tanam di Mars yang Ternyata Susah Bingit

Bercocok tanam di Mars bukanlah hal yang mustahil. Beberapa ilmuwan sudah mengatakannya dan bahkan topik ini sudah diangkat di sebuah film berjudul "The Martian". Di film yang dibintangi oleh Matt Damon ini, digambarkan bahwa Mark Watney bertahan hidup terdampar di Planet Merah dengan menanam kentang di tanah Mars yang dibuahi dengan kotoran.

Kelihatannya memang gampang. Namun faktanya tentu jauh berbeda. Percobaan laboratorium baru menunjukkan bahwa menanam makanan di Planet Merah akan jauh lebih rumit daripada sekadar menanam tanaman di tanah.

# Eksperimen Pada Tanah Tandus Serupa Mars

Peneliti menanam selada dan gulma Arabidopsis thaliana di tiga jenis tanah Mars palsu. Dua dibuat dari bahan yang ditambang di Hawaii atau Gurun Mojave yang terlihat seperti tanah di Mars. Untuk meniru susunan permukaan Mars lebih dekat, yang ketiga dibuat dari awal menggunakan batuan vulkanik, tanah liat, garam, dan bahan kimia lainnya yang telah dilihat oleh penjelajah Curiosity NASA di Planet Merah.

Sementara selada dan A. thaliana bertahan hidup di tanah alami seperti Mars, keduanya tidak dapat tumbuh di tanah sintetis, para peneliti melaporkan di Icarus 15 Januari mendatang.

“Sama sekali tidak mengherankan bahwa semakin Anda mendapatkan [tanah] yang semakin akurat, semakin mirip Mars, semakin sulit bagi tanaman untuk tumbuh di dalamnya,” kata ilmuwan planet Kevin Cannon dari Colorado School of Mines di Golden , Colo., yang membantu membuat kotoran Mars sintetis tetapi tidak terlibat dalam studi baru.

Film The Martian (youtube.com)

# Perbedaan Tanah di Bumi dan Tanah Tiruan Serupa Mars

Tanah di Bumi penuh dengan mikroba dan bahan organik lain yang membantu tanaman tumbuh, tetapi tanah di Mars pada dasarnya adalah batu yang dihancurkan.

Sehingga, jika kamu ingin menanam tanaman di Mars menggunakan tanah, kamu harus melakukan banyak pekerjaan untuk mengubah bahan itu menjadi sesuatu yang dapat ditanami tanaman.

Ahli biokimia Andrew Palmer dan rekan-rekannya di Institut Teknologi Florida di Melbourne menanam selada dan biji A. thaliana di tanah tiruan Mars di bawah pencahayaan dan suhu yang terkendali di dalam ruangan, seperti yang dilakukan astronot di Mars. Tanaman dibudidayakan pada suhu 22° Celcius dan kelembaban sekitar 70 persen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"