Anji Dapat Kecaman Dari PFI Terkait Pernyataannya Soal Foto Jenazah Korban COVID-19 yang Terbungkus Plastik

Anji Dapat Kecaman Dari PFI Terkait Pernyataannya Soal Foto Jenazah Korban COVID-19 yang Terbungkus Plastik

Saat ini Organisasi Profesi Pewarta Foto A.K.A PFI tengah berseteru dengan Erdian Aji Prihartanto atau yang biasa kita kenal dengan Anji.

Sebenarnya mereka mengecam Anji bukan karena sebab, hal itu dikarenakan karena foto jenazah korban COVID-19 gengs. Hah kira-kira kenapa ya?

Asal Muasal Masalah

Asal Muasal Masalah Anji (Tirto.id)

Dilansir dari Kumparan.com, dari  sebuah postingan di Instagram, ia mengungkapkan kejanggalan yang ada pada foto karya Joshua Irwandi. Joshua sendiri merupakan fotografer yang mendapatkan grant dari National Geographic. 

PFI menuding Anji membuat opini penghakiman sepihak, seolah-olah foto tersebut adalah hasil setting dan hasil karya dari seorang buzzer, bukan karya jurnalistik. 

Dalam foto itu digambarkan sesosok jenazah yang meninggal akibat COVID-19, terbungkus plastik, di salah satu rumah sakit di Jakarta.  

"PFI Pusat telah menghubungi Joshua Irwandi terkait foto tersebut, untuk memastikan keabsahan dari karya jurnalistiknya, yang viral itu," kata Reno Esnir, Ketua PFI Pusat, dalam keterangan resmi yang diterima Hi!Pontianak, Minggu malam (19/7). 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"