Ammar Zoni Pakai Baju Tahanan Warna Hijau, Apa Artinya?

Ammar Zoni Pakai Baju Tahanan Warna Hijau, Apa Artinya?

Ammar Zoni memakai baju tahanan warna hijau saat muncul dalam rilis polisi di Polres Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Diketahui suami Irish Bella ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ammar diamankan pihak berwajib dengan barang bukti ganja dan sabu.

Penampakan Ammar pakai baju tahanan warna hijau memang berbeda dibandingkan baju tahanan yang dikenakan ayah dua anak ini saat ditangkap Satnarkoba Polres Jakarta Selatan bulan Maret 2023. Kala itu saat rilis polisi, Ammar mengenakan baju tahanan warna oranye, seperti tahanan-tahanan lain yang sering dilihat.

Lalu apa arti baju tahanan warna hijau? Menurut Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusian (Menkumham) Nomor 6 Tahun 2013 sudah mengatur bahwa pakaian tahanan warna hijau adalah pakaian yang kenakan narapidana dalam kasus umum dengan ketentuan yang juga sudah ditetapkan.

Ammar Zoni Pakai Baju Tahanan (Digo ID)

Baju tahanan warna hijau seperti Ammar Zoni\ biasanya tahanan tersebut melakukan pelanggaran tanpa kekerasan. Narapidana itu juga menempati penjara dengan konsep asrama terbuka atau unit perumahan sel. Memang mayoritas tahanan di kantor polisi mengenakan baju tahanan warna oranye.

Tau nggak kenapa warna oranye? Konon tujuannya agar para tahanan lebih mudah terlihat ketika sedang melarikan diri. Maklum warna oranye dianggap sebagai warna yang cerah dan memudahkan polisi menangkap penjahat yang melarikan diri.

Namun seiring berjalannya waktu, baju-baju tahanan di Indonesia melakukan perubahan dalam segi model. Jika dulu hanya kaus warna oranye dan celana,model kemeja, kini baju tahanan ada yang memakai krah berwarna putih.

Kabarnya di Amerika Serikat pemakaian baju tahanan warna oranye baru dimulai pada tahun 1970-an. Banyak penjara yang meminta para tahanan untuk pakai baju oranye, misalnya dalam situasi penahanan khusus, dalam perjalanan, hingga melakukan konferensi pers.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"