Agamanya Sempat Dipertanyakan, 5 Artis Ini Pernah Lakukan Ritual Kejawen

Agamanya Sempat Dipertanyakan, 5 Artis Ini Pernah Lakukan Ritual Kejawen

Kejawen  merupakan ilmu kepercayaan yang diturunkan dari nenek moyang. Biasanya orang yang mempercayai kejawen berasal dari suku Jawa. Mereka kerap melakukan ritual-ritual khusus sembari melestarikan budaya Jawa. Berikut beberapa artis yang pernah melakukan ritual kejawen.

1.    Roro Fitria

Roro Fitria merupakan artis yang berdarah Jawa, khususnya Yogyakarta. Artis yang pernah tersandung kasus narkoba ini beberapa kali melakukan ritual kejawen. Sebut saja melakukan tirakatan budaya malam selasa kliwon, bertapa di gua, hingga mendatangi pantai selatan Jawa.

2.    Fifie Buntaran

Artis yang juga sosialita ini pernah melakukan serangkaian ritual kejawen. Ia melakukan ritual itu saat hendak melakukan syuting film Dewi Ular di tahun 2013. Kabarnya setelah melakukan ritual, ia kerap bertemu sosok Ratu Pantai Selatan dalam mimpinya.

Agamanya Dipertanyakan, 5 Artis Ini Pernah Lakukan Ritual Kejawen (Tempo.co)


3.    Dewi Perssik

Dewi Perssik juga beberapa kali melakukan ritual kejawen. Pedangdut yang akrab disapa Depe ini memiliki kesamaan dengan Fifie Buntaran. Ia terpaksa melakukan ritual sebelum membintangi film horor yang menjadi syarat agar proses syuting berjalan dengan lancar.

Dilansir dari Detik, mantan istri Saipul Jamil pernah mengatakan jika sejak dulu ia dan keluarga memang menjaga tradisi melakukan ritual kejawen, salah satunya adalah makan laron. “Sebelum saya lahir satu keluarga sudah makan itu, kita percaya weton ad aharnya, tanggalnya, nggak sembarangan melakukan ritual itu,” ujar wanita asal Jember, Jawa Timur.

4.    Julia Perez

Julia Perez pernah melakukan ritual mandi kembang setaman. Artis yang sudah meninggal pada 2017 silam ini melakukan hal itu di kediaman Suzanna. Jupe sapaan Julia Perez menengok kama Suzanna dan mencoba pakaian milik Suzanna.Jupe melakukan ritual mandi kembang yang dipimpin oleh seorang guru spiritual bernama Walidi.

Walidi mengatakan Jupe diharuskan menjalani ritual mandi kembang terlebih dulu sebelum melakukan ritual jamasan yakni menjilat besi yang sudah dibakar menjadi bara. Tujuannya menunjukan kebenaran dan keteguhan niat. Jika Jupe berbohong maka lidahnya akan terbakar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"