Adik Maudy Ayunda Nikah di Tahun yang Sama dengan Sang Kakak, Benarkah Bisa Kena Sial?

Adik Maudy Ayunda Nikah di Tahun yang Sama dengan Sang Kakak, Benarkah Bisa Kena Sial?

Adik Maudy Ayunda, Amanda Khairunissa menikah dengan pria keturunan Inggris bernama Tavan Dutton pada Minggu (18/9) lalu. Kakak beradik ini memang sangat kompak karena menikah di tahun yang sama namun hanya berbeda bulan saja. 

Diketahui sebelumnya, Maudy Ayunda menikah dengan pria kebangsaan Korea Selatan, Jesse Choi pada 22 Mei 2022. Belum genap setahun, nampaknya sang adik sudah menyusulnya. Benarkah menikah di tahun yang sama dapat mendatangkan sial?

Menurut adat Jawa, kakak beradik dilarang menikah di tahun yang sama karena akan menimbulkan kesialan. Salah satunya (kakak atau adik-red-red) harus mengalah dengan menikah di tahun berikutnya.

Adik Maudy Ayunda Nikah di Tahun yang Sama dengan Sang Kakak, Benarkah Bisa Kena Sial ([email protected])

Sementara Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam video “Tanya Jawab Seputar Amalan Sehari-hari” dalam channel YouTube @AlQalamchannel menjelaskan pandangan Islam melihat fenomena ini. Jika dua insan sudah saling suka dan mampu berumah tangga maka sangat dianjurkan untuk menyegerakannya.

“(Menikah pada tahun yang sama-red) boleh. Beda satu hari pun boleh. Hari ini adiknya menikah, besok kakaknya boleh. Itu keyakinan nenek moyang saja. Nanti kalau menikah begini, begitu. tak ada itu,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Rasulullah sendiri sangat menentang tasya’um (menganggap sial sesuatu yang baik-red).Habib Hasan juga meyakini bila saudara sekandung menikah di bulan atau tahun yang sama akan mendatangkan kesialan, itu adalah bentuk tasya’um. Tasya’um dilarang dan dicela Nabi Muhammad SAW.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"