7 Fakta Menarik Serial Gadis Kretek yang Sedang Viral

7 Fakta Menarik Serial Gadis Kretek yang Sedang Viral

Ada beberapa fakta serial Gadis Kretek yang belakangan ini ramai diperbincangkan dan tayang di Netflix. Gadis Kretek adalah serial original Netflix pertama dari Indonesia. Selain mengangkat setting cerita di era 60-an, serial ini juga menampilkan sejumlah aktor ternama tanah air. Berdasarkan informasi dari situs Netflix, aktor-aktor tersebut beberapa di antaranya, ada;ah Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, Arya Saloka, hingga Sheila Dara.

Selain dari pemerannya yang nggak kaleng-kaleng, ternyata, ada fakta menarik di balik serial ini disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfanyah ini. Apa saja? Berikut informasinya.

1. Adaptasi Novel

Fakta Serial Gadis Kretek (via Tribunnews.com)

Ternyata novel "Gadis Kretek" karya Ratih Kumala adalah sumber inspirasi untuk serial ini. Kisahnya diambil dari sejarah keluarganya yang terkait dengan usaha pabrik rokok kretek di daerah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Ketertarikannya yang tinggi terhadap kretek mendorongnya untuk menjadikannya sebuah novel yang menceritakan kekayaan budaya dan sejarah keluarganya. Meskipun pabrik tersebut telah lama tutup sebelum Ratih lahir, kisahnya tetap hidup melalui cerita-cerita keluarga yang terus mengalir.

2. Novel Peraih Penghargaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"