Terpikat dengan Kemampuan Andmesh Kamaleng, Erwin Gutawa Ajak Kolaborasi di Lagu Jangan Semudah Ini

Terpikat dengan Kemampuan Andmesh Kamaleng, Erwin Gutawa Ajak Kolaborasi di Lagu Jangan Semudah Ini

Erwin Gutawa merilis single baru yang akan dimuat dalam album yang rencananya dirilis pada tahun 2022 mendatang. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Ardhito Pramono dan Yura Yunita, kali ini Erwin Gutawa mengajak Andmesh Kamaleng  untuk berkolaborasi dalam lagu Jangan Semudah Ini.

Lagu tersebut sebenarnya sudah diciptakan sejak 30 tahun dan pernah dibawakan oleh Atiek CB (1990) dan Ruth Sahanaya (1996). Kini, lagu Jangan Semudah Ini dibawakan kembali oleh Andmesh tentunya dengan aransemen yang lebih modern dan berbeda.

Foto: Andmesh – Erwin (Instagram)

Dalam jumpa pers virtual yang digelar pada Jumat, 18 Februari 2022, Erwin Gutawa mengungkapkan kalau lagu ini menceritakan tentang kepedihan saat ditinggal pasangan. Hal ini bisa bermakna kehilangan karena putus cinta atau kehilangan karena kematian yang memisahkan.

Ditanya soal alasan memilih Andmesh Kamaleng sebagai rekan kolaborasi, terungkap fakta kalau Erwin Gutawa sudah memantau penyanyi asal Kupang ini sejak lama saat masih menjadi peserta di sebuah ajang pencarian bakat. Sebelum kolaborasi ini, Erwin pernah mengajak Andmesh untuk tampil di pertunjukan bersamanya. Ayah dari Gita Gutawa ini juga mengaku begitu terkesan dengan kemampuan bernyanyi Andmesh.

"Andmesh sangat 'musikal', punya timbre suara yang indah, bisa lembut tapi juga bisa sangat power dan megah, dengan penghayatannya luar biasa. Jadi ketika saya ingin menggarap kembali lagu 'Jangan Semudah Ini', sebuah lagu melankolik tetapi tidak cengeng dan ada beberapa bagian yang harus 'megah', dan dari awal saya  membayangkan harus Andmesh yang membawakannya," ungkap Erwin Gutawa.

Mengenai proses pembuatan lagu ini sendiri, penyanyi yang akrab disapa Ame itu mengatakan tidak ada kesulitan berarti yang dihadapinya. Meski begitu, dia tetap merasa khawatir karena harus membawakan lagu Jangan Semudah Ini dengan baik. Terlebih, lagu itu merupakan karya seorang maestro Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"