Spotify Naikkan Harga Langganan, Sementara di Wilayah Skandinavia

Spotify Naikkan Harga Langganan, Sementara di Wilayah Skandinavia

Wilayah di Skandinavia akan mendapatkan tarif berlangganan Spotify lebih mahal dari biasanya. Hal ini adalah strategi uji coba perusahaan sebelum dilemparkan ke wilayah lain.

Spotify sudah berencana untuk menaikkan harga berlangganan mereka sejak lama. Tetapi mungkin pengguna di Skandinavia dulu yang akan merasakan harga yang sedikit lebih mahal ini. 

Layanan streaming musik ini berencana untuk menguji langganan lebih mahal dari versi family di kawasan Eropa, menurut laporan dari Bloomberg. Tidak jelas seberapa besar kenaikan harga, yang diperkirakan 13 persen. Atau juga akan mencakup fitur atau layanan baru.

Spotify naikkan harga langganan (adweek.com)

Sebuah sumber mengkonfirmasi berita kenaikan harga ini juga ke Variety, tetapi sumber ini menekankan bahwa angka itu sekedar tes dan belum dikunci. Kemungkinan Spotify, yang didirikan di Stockholm, akan menguji kenaikan harga di pasar yang relatif aman di Eropa Utara sebelum tempat lain di dunia. 

Meskipun perusahaan pernah mengancam akan keluar dari Swedia karena tarif pajak yang tinggi, mereka masih memiliki basis pengguna yang sangat setia di wilayah tersebut.

Tahun lalu, layanan streaming musik menaikkan harga semua tipe langganannya di Norwegia sebesar 10 persen. Tarif yang lebih mahal hanya berlaku untuk pelanggan baru, sehingga banyak basis pengguna yang ada tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut. 

Di bagian lain dunia, layanan streaming lebih sering bereksperimen dengan menurunkan harga. Seperti menawarkan harga $ 1 transaksi per bulan untuk pelanggan baru, misalnya, atau memberi diskon layanan untuk para siswa. 

Harga langganan Spotify sebesar $ 10 per bulan untuk paket premium dan $ 5 per bulan untuk paket siswa tetap tidak berubah untuk pelanggan AS selama bertahun-tahun, meskipun ada kenaikan inflasi. Layanan berbayar dan bebas iklan memulai debutnya di AS pada tahun 2011 dengan harga $ 5 sebulan. 

Demikian pula, pelanggan UK membayar £ 10 untuk paket premium dan setengah dari tarif untuk paket siswa. Awal musim panas ini, layanan streaming mulai menguji versi "ringan" dari layanannya di pasar negara berkembang di Amerika Selatan, Asia dan Timur Tengah.

Spotify naikkan harga langganan (dribbble.com)

Perusahaan saat ini terkunci dalam perselisihan dengan penulis lagu atas rencana kenaikan tarif royalti. Spotify juga menghadapi ancaman dari para pesaing seperti Amazon Music dan Apple Music, dan ketinggalan dalam menambah pelanggan baru yang membayar langganan pada kuartal terakhir. Meskipun upaya konsisten oleh Spotify untuk menjaga harga rencana berlangganannya terjangkau, sepertinya kebijakan ini bisa segera berubah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"