Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit Dinyanyikan Ulang Gita Gutawa, Ternyata Simpan Makna Mendalam

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit Dinyanyikan Ulang Gita Gutawa, Ternyata Simpan Makna Mendalam

Lirik lagu Mengheningkan Cipta tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, lagu Mengheningkan Cipta selalu dinyanyikan dalam rangkaian upacara, selain lagu Kebangsan Indonesia Raya. Beberapa waktu lalu tepatnya pada November 2017, lagu nasional karya Truno Prawit itu dinyanyikan ulang oleh Gita Gutawa.

Mengikuti nada aslinya, Gita Gutawa membawakan lagu Mengheningkan Cipta dengan penuh penghayatan dan kemampuan bernyanyinya yang memukau. Bedanya hanya di bagian music pengiringnya yang diaransemen oleh sang ayah yakni, Erwin Gutawa. Dalam video music-nya, Gita terlihat bernyanyi di tengah-tengah sejumlah orang yang duduk mengelilinginya.

Tampak dalam video hitam-putih berdurasi 2 menit 11 detik yang diunggah di kanal YouTube Gita Gutawa Official itu, orang-orang yang duduk di sekitar Gita Gutawa membawa lilin sehingga membuat video tersebut semakin sendu. Tak hanya itu, Gita juga menyematkan beberapa foto pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia.

Gambar Bung Karno Di Video Klip Mengheningkan Cipta - Gita Gutawa (YouTube/Gita Gutawa Official)

Seperti Ir. Soekarno dan Dr. Drs. H. Mohammad Hatta saat membacakan naskah proklamasi kemerdekaan. Ada pula lukisan Bung Tomo dengan tulisan Merdeka hingga potret Soedirman. Mungkin kamu pun sudah mengetahui tentang makna lagu Mengheningkan Cipta.

Lirik lagu Mengheningkan Cipta rupanya punya makna yang sangat dalam di baliknya yakni sebagai ucapan terima kasih pada para pahlawan yang sudah berjuang dan gugur di medan perang untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Makna lainnya, agar rakyat Indonesia terus mengenang jasa pahlawan dan menjaga keutuhan kemerdekaan yang sudah didapat.

Lagu yang diciptakan seniman musik asal Solo ini pertama kali diperdengarkan pada 1958. Lagu Mengheningkan Cipta umumnya dinyanyikan saat moment of silence dalam upacara peringatan. Lantas seperti apa lirik lagu Mengheningkan Cipta yang dinyanyikan ulang Gita Gutawa itu? Scroll yuk!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"