Lewati Taylor Swift Hingga Justin Bieber, BTS Cetak Rekor Baru Menang IFPI Dua Tahun Berturut-Turut

Lewati Taylor Swift Hingga Justin Bieber, BTS Cetak Rekor Baru Menang IFPI Dua Tahun Berturut-Turut

BTS  mengalahkan Taylor Swift  hingga Justin Bieber . Hal ini setelah mereka diumumkan sebagai pemenang IFPI Global Recording Artist of the Year Award 2021. Pencapaiaan ini membuat BTS mencetak rekor baru. Grup asuhan BigHit Music ini menjadi artis Korea Selatan pertama yang memenangkan IPFI Global Recording Artist of the Year Award selama dua tahun berturut.

Sebelumnya, di tahun 2020, BTS juga diumumkan sebagai pemenang. Dikutip dari laman IFPI, penghargaan IFPI Global Recording Artist of the Year Award ini diberikan berdasarkan kinerja artis atau grup di seluruh dunia dalam format musik digital dan fisik sepanjang tahun, termasuk juga dari streaming hingga vinyl dan mencakup seluruh karya mereka.

Foto: Daftar Pemenang IFPI (IFPI.org)

Wajah BTS sebenarnya sudah familiar di IFPI Chart Artist Global IFPI sejak tahun 2018, ketika itu mereka menempati posisi 2. Barulah di tahun 2020, BTS diumumkan sebagai artis Korea pertama yang memenangkan penghargaan IFPI Global Recording Artist of the Year Award, serta pemenang pertama yang tampil dalam Bahasa lain selain Bahasa Inggris.

Pada tahun 2021, BTS melanjutkan dominasi musik dunia setelah merilis lagu Butter. Lagu yang diluncurkan pada Mei 2021 ini langsung sukses menempati posisi #1 di US Billboard Hot 100 Chart selama tujuh minggu berturut-turut. Sementara lagu baru mereka, Permission to Dance yang dirilis Juli 2021 juga debut di #1 Hot 100 menggantikan posisi mereka sendiri.

Grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook ini juga sukses dengan lagu My Universe hasil kolaborasi dengan Coldplay. Album Jepang terbaru mereka bertajuk BTS, The Best juga berhasil memuncaki Year End Album Chart Oricon. Menjadikan album non-Jepang pertama sejak 37 tahun ke belakang yang menduduki posisi tersebut.

CD Butter juga berhasil memuncaki tangga lagu akhir tahun Gaon. Menjadi keenam kalinya bagi BTS menempati posisi tersebut secara berturut-turut. Chief Executive IFPI pun menerangkan jika kesuksesan BTS selama satu tahun terakhir ini merupakan bukti kerja keras dan komitmen mereka untuk membawa musik mereka ke dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"