Lagu (G)I-DLE Picu Kontroversi Gegara Terlalu Mirip Dengan MV Musisi Lain, Terinspirasi Atau Plagiat?

Lagu (G)I-DLE Picu Kontroversi Gegara Terlalu Mirip Dengan MV Musisi Lain, Terinspirasi Atau Plagiat?

(G)I-DLE  belum lama ini resmi merilis album terbaru mereka bertajuk '2'. Bersamaan dengan perilisan albumnya, girl group asuhan Cube Entertainment itu juga mempublikasikan Music Video (MV) untuk lagu utamanya berjudul 'Super Lady'.

Salah satu member (G)I-DLE, Soyeon mengungkapkan bahwa MV 'Super Lady' merupakan MV termahal mereka dengan anggaran sebesar 1,1 miliar won (sekitar Rp12,9 miliar). Akan tetapi, lagu 'Super Lady' justru memicu kontroversi.

Hal ini karena netizen menemukan banyaknya kesamaan dari segi musik maupun MV-nya dengan karya musisi lain. Seperti bait terakhir lagu 'Super Lady' yang dianggap punya kesamaan dengan lagu 'Sugar Free' dari T-ARA yang dirilis tahun 2014 lalu. 

Dance Break (G)I-DLE Diduga Mirip BLACKPINK (KBIZoom)

Kemiripan melodi ini pun menimbulkan kritik terhadap Soyeon, yang diketahui memproduseri lagu-lagu (G)I-DLE. Tak hanya itu, MV 'Super Lady' juga dianggap mengambil terlalu banyak inspirasi dari beberapa MV ikonik.

Secara visual, konsep prajurit bukanlah sesuatu yang inovatif. Namun pendekatan unik (G)I-DLE membuat publik menarik perbandingan dengan MV K-Pop generasi ke-2 yang ikonik seperti 'Genie' milik SNSD, 'I Am The Best' dari 2NE1 hingga Beyonce.

Selain itu, netizen yang jeli juga memperhatikan ada bagian-bagian dari MV 'Super Lady' yang menyerupai set dari MV 'Look What You Made Me Do' karya Taylor Swift. Dance break (G)I-DLE juga menampilkan suasana dari MV BLACKPINK yakni 'Kill This Love' dan 'How You Like That'.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"