Finlandia Jadi Negara dengan Band Metal Perkapita Terbanyak di Seluruh Dunia

Finlandia Jadi Negara dengan Band Metal Perkapita Terbanyak di Seluruh Dunia

Beberapa waktu lalu, penyanyi bernama Baskara Putra atau yang memiliki nama panggung Hindia melemparkan pernyataan yang mengguncang jagat musik Indonesia. 

Bagaimana tidak, ia mengangap salah satu lagunya bersama band Feast yaitu 'Peradaban' terasa jauh lebih keras dari musik metal apapun yang mereka pernah dengar sebelumnya.

Kontan saja pernyataan ini menyulut rasa protes dari sejumlah penggemar atau pelaku musik keras. Mereka menganggap apa yang diucapkan oleh Hindia itu mengada-ada.

Menurut mereka, musik metal tentu masih menjadi musik yang paling keras. Baik dari segi melodi maupun dari tema musik yang mereka angkat.

Finlandia jadi negara dengan band metal terbanyak perkapita (theculturetrip.com)

Untungnya Baskara tinggal di Indonesia dengan antusiasme masyarakat terhadap musik metal masih nggak tinggi-tinggi amat. Sehingga ia tak mendapatkan kecaman yang lebih dari sekedar permintaan maaf atau klarifikasi.

Mungkin beda ceritanya kalau ia tinggal di Finlandia, negara dengan jumlah band metal terbanyak jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Finlandia bersama dengan sejumlah negara Skandinavia lainnya memiliki band metal terbanyak perkapita. Yang artinya, dari sejumlah penduduknya akan ada beberapa band metal di antara mereka.

Entah karena nenek moyang mereka adalah bangsa Viking, yang jelas penduduk negara ini sangat menyukai musik keras. Terhitung ada 53 band metal untuk 100.000 penduduk pada tahun 2012.

Jika satu band beranggotakan rata-rata 4 orang, maka akan ada 212 member band dari setiap 100.000 penduduk. Sedangkan penduduk Finlandia pada saat itu cuma sebesar 5,4 juta orang saja.

Hal ini tentu membuat Finlandia secara tidak resmi disebut sebagai ibukota musik metal sedunia. Udah Viking, metal pula musiknya. Keras nggak tuh?

Finlandia jadi negara dengan band metal terbanyak perkapita (reddit.com)

Tapi itu kan 8 tahun yang lalu, lantas bagaimana dengan kondisi akhir-akhir ini gengs? Dari data yang disampaikan medium.com, jumlah band metal perkapita di Finlandia malah bertambah pada tahun 2019.

Negara ini memiliki 70 band metal untuk 100.000 penduduknya. Walah, malah makin banyak gengs. Ia melampaui negara-negara lain dengan nilai fantastis. Duduk dibawahnya adalah negara Swedia dengan 45 band metal per 100.000 penduduk.

Tempat ketiga dan keempat masih diduduki negara Nordik lainnya yakni Islandia (38,5) dan Norwegia (32,2). Hanya Denmark dengan 17,3 band yang sedikit diungguli negara non skandinavia yakni Yunani (18,8).

Finlandia hanya dikalahkan oleh Jerman dengan jumlah total band metal yang ada di negara tersebut. Mereka memiliki lebih dari 10 ribu band metal, tetapi dengan jumlah penduduk Jerman yang sama besar, rasionya menjadi 13,2 band per 100.000 penduduk.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"