Didi Kempot Gerah Banyak yang Cover Lagunya tanpa Izin

Didi Kempot Gerah Banyak yang Cover Lagunya tanpa Izin

Penyanyi Didi Kempot gerah nih. Sebab, banyak orang yang meng-cover lagunya tanpa izin darinya.

Penyanyi campursari yang belakangan namanya lagi ngangkat banget ... Didi Kempot, lagi gemes. Kenapa? Yak, Didi Kempot lagi gemas banget sama orang-orang yang meng-cover lagunya tanpa izin darinya.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Didi mengatakan, bila ada yang pengin meng-cover lagunya, mereka seharusnya izin dulu kepada pencipta dan penyanyi lagunya.

Mas Didi Kempot (Instagram @didikempot_official)

"Kalau meng-cover lagu-lagu saya, saya bilang alangkah indahnya pakai tata krama atau permisilah. 'Mas Didi, boleh enggak kalau saya bikin ini itu blablablah'," kata Didi Kempot.

Didi mengatakan, banyak pemusik yang udah nggak ngerti nih gimana menghargai hak cipta seseorang. 

Menurutnya, untuk menyanyikan lagu seseorang dan dikomersilkan, minimal orang itu harusnya minta izin terlebih dahulu.

Dia ingin orang yang meng-cover musiknya untuk izin lebih dulu (Instagram @didikempot_official)

"Ya, wajarlah. Dari dulu, kan, kita juga gitu aturan mainnya. Mulai zaman dulu juga gitu," kata Didi.

Sebagai pencipta lagu dan penyanyi, Didi juga merasa dirugikan. Sebab, yang meng-cover lagunya justru untung. Sebaliknya, yang membuat karya malah nggak mendapat apa-apa.

"Karena kan kami (pencipta lagu) yang bekerja. Membuat lagu adalah pekerjaan kami. Bekerja kan perlu mendapatkan hasil juga," tutur Didi.

Mas Didi Kempot sendiri belakangan menjadi sorotan setelah mendapat julukan "The Godfather of Broken Heart" atau "Lord Didi". Julukan ini didapat lantaran Didi dan lagu-lagunya yang menyayat hati.

Jangan main-main sama Lord Didi ya (Instagram @didikempot_official)

Lagu-lagunya pun banyak mengisahkan tentang getirnya percintaan. Namun uniknya, lagu-lagu Didi yang kebanyakan dilantunkan dalam bahasa Jawa itu banyak dikenal anak muda jaman sekarang.

Didi sendiri mengaku tak menyangka bahwa antusiasme penonton begitu luar biasa. Terlebih saat gelaran konsernya yang bertajuk "Ngobam" alias Ngobrol Bareng Musisi yang masuk trending topic di Twitter pada Minggu (14/7/2019) lalu.

Didi juga tak mempermasalahkan julukan yang diterimanya itu.

The Godfather of Broken Heart (Instagram @didikempot_official)

"Buat saya pribadi itu enggak masalah, ya. Mungkin mereka tertarik karena dari tulisan saya, dari lirik-lirik (lagu)tulisan saya yang hampir 90 persen pasti terinspirasi dari (lagu yang) 'mellow-mellow' semacam itu," kata Didi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Didi pun menilai bahwa julukannya saat ini adalah bentuk apresiasi para penikmat musiknya. Buat musisi berambut gondrong ini, banyak orang yang suka dengan lagu-lagunya aja udah cukup membanggakan.

Nah, jadi buat kalian yang pengin meng-cover lagu-lagunya The Godfather of Broken Heart ini, ya kalian harus minta izin dulu ya. Jangan macem-macem gengs sama Lord Didi nih. Hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"