Dengerin Musik dengan Bluetooth Earphone Picu Kanker Nggak Sih? Ini Penjelasannya

Dengerin Musik dengan Bluetooth Earphone Picu Kanker Nggak Sih? Ini Penjelasannya

Apakah Bluetooth Earphone Bahaya?

Siapa dari kalian yang suka dengerin musik pake wireless bluetooth headphone/earphone? Gadget yang satu ini emang bikin hidup terasa simple. Kita bisa dengerin musik dimana aja tanpa ada kabel yang nyangkut. 

Nah, sebenarnya pakai bluetooth headphone/earphone tuh berbahaya bagi kesehatan nggak sih? Belum lama ini ada kabar kalo barang satu ini bisa picu kanker penggunanya. 

Melansir Health.com, hal itu bermula dari artikel di Medium yang mengutip Jerry Phillips, PhD, profesor biokimia di University of Colorado di Colorado Springs. Di situ, dia merasa prihatin dengan AirPods karena penempatannya di saluran telinga bisa mengekspos jaringan di kepala terhadap radiasi tingkat tinggi. 

bluetooth earphone (businessinsider.com)

Di artikel juga dijelasin kalo ada petisi untuk PBB dan WHO serta ditandatangani oleh 250 peneliti dari puluhan negara. 

Sayangnya, ada yang kurang dalam petisi itu. Di situ nggak disebutin AirPods atau wireless bluetooth headpone/earphone. Dalam surat cuma diungkapkan perhatian serius tentang risiko kesehatan dari teknologi non-ionizing electromagnetic field (EMF) yang dipakai perangkat bluetooth.

Dalam petisi yang pertama diumumkan 2015 itu, ada perangkat yang disebutkan kayak Wi-Fi, antena broadcast, smart meter, dan baby monitor. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"