Beberapa Alasan Kenapa Belajar Musik Tuh Penting Banget ... Biar Sukses!

Beberapa Alasan Kenapa Belajar Musik Tuh Penting Banget ... Biar Sukses!

Ini dia beberapa alasan kenapa belajar musik tuh penting. Salah satunya ya biar sukses! Emang bisa ya?

Musik adalah salah satu hal yang digemari banyak orang di dunia ini. Orang suka mendengarkan musik karena kadang bisa menyentuh perasaan banget. Musik juga mempengaruhi mood kita kok.

Tapi daripada sekadar mendengarkan, kenapa nggak mencoba mulai belajar musik? Coba deh pelajari beberapa teknik dasar alat musik, gitar misalnya.

Ini bukan masalah keren-kerenan atau jadi terkenal. Tapi ada beberapa alasan kenapa belajar musik tuh penting banget. Seperti dikutip dari Lifehack, simak deh beberapa alasannya ....

#Lebih kreatif

#Lebih kreatif (lipulse.com)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak tokoh-tokoh besar yang masa mudanya tuh mempelajari musik. Belajar piano misalnya, atau alat musik tiup macam saksofon.

Alat musik tiup tenyata emang bisa membuat daya kreativitas kita meningkat. Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft bilang, musik membuat kita melihat melampaui apa yang ada. Dan kita bisa mengekspresikan diri dengan cara yang baru.

#Otak yang berkembang berbeda

#Otak yang berkembang berbeda Belajar musik dari kecil tuh banyak manfaatnya kok (culturedays.ca)

Main alat musik cenderung memberikan banyak efek yang menguntungkan buat otak kita. Lebih keliatan sih kalo belajar musiknya udah dari kecil.

Otak anak-anak berusia 9-11 tahun, memiliki volume area abu-abu yang signifikan. Tapi ini bukan berarti kalo jadi musisi tuh bakal lebih pintar ya. Yang pasti, otak anak-anak yang belajar musik berbeda, unik. Mereka lebih menarik ketimbang yang tidak.

#Hubungan sosial yang lebih baik

#Hubungan sosial yang lebih baik Hubungan sosial bakal lebih baik deh nantinya~ (bbc.com)

Musik dianggap banyak orang bisa menghubungkan budaya, ide, serta perspektif yang berbeda. Kalo kamu nggak biasa dengan suatu lokasi, kamu bisa gunakan kemampuan bermusik kamu untuk mengenal orang di sekitar kamu.

Makanya, hubungan sosial kalian bisa lebih baik. Musik tuh bikin hepi gengs. Sebenarnya, hampir semua orang suka mendengarkan musik. Di mana pun kamu berada.

#Feel yang lebih baik dalam irama

#Feel yang lebih baik dalam irama Feel-nya jadi lebih terasah (inc.com)

Kalo kamu mengenal musik dengan cukup baik, minimal kamu bisa mengerti tentang irama. Nah, ini jadi penting karena irama tuh biasanya teratur.

Jadi, meski kamu ngeliat suatu band dan kamu anggap norak, @L4y, kamu sebenernya kurang jeli melihatnya. Sebab, ada satu hal yang teratur kok. Kalo masalah penilaian kan orang bisa beda-beda, itu soal selera sih.

#Tingkat IQ lebih tinggi

#Tingkat IQ lebih tinggi Bisa jadi cerdas juga nih gengs~ (cbc.ca)

Kalo kamu belajar musik dari usia dini, usia 6 tahun misalnya, kecerdasan intelektual (IQ) kamu termasuk tinggi gengs.

Hal ini dutunjukkan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa anak-anak yang belajar instrumen usik tuh memiliki peningkatan IQ yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak.

#Obsesif

#Obsesif Obsesif emang, tapi obsesi yang baik boleh kok (mnn.com)

Sifat obsesif tuh gak selamanya buruk kok. Contohnya kalo kamu belajar musik. Banyak orang jadi lebih obsesif karena belajar musik, itu demi bisa menguasai sebuah lagu dengan alat musik yang mereka pelajari.

Belajar alat musik butuh sebuah kedisiplinan dan ketekunan. Dan begitu bisa menguasainya, itu karena sikap obsesif juga. Pokoknya, nggak ada orang bisa langsung jago main musik tanpa latihan yang keras. Kalian juga bisa sukses lho di bidang lain selain musik.

#Lebih mudah memahami orang

#Lebih mudah memahami orang Kita jadi lebih mudah memahami orang (freepik.com)

Mempelajari musik tuh gampang tapi susah juga. Tapi ... kamu juga harus mendengarkan musik yang dimainkan orang juga kan? Nah, itulah yang bikin kamu jadi spesial kalo mulai belajar musik.

Penelitia menunjukkan, belajar main musik tuh punya efek di area otak yang bertugas memproses suara. Efek itu bahkan bekerja hingga kalian tua nanti.

Dengan mempelajari musik, keterampilan kamu untuk mendengarkan jadi baik. Keterampilan kamu untuk bicara juga jadi teratur. Makanya, kamu jadi lebih mudah memahami orang lain.

#Punya kontrol diri

#Punya kontrol diri Lebih gampang untuk kontrol diri~ (nypost.com)

Belajar bemusik tuh proses yang menyenankan loh. Semua terasa sulit awalnya, dan kamu jadi harus belajar dan belajar lagi demi mendapatkan hasil yang baik nantinya.

Menguasai musik, entah menyanyi atau main alat musik, menuntut kita untuk bisa mengatur irama agar selaras dan enak didengar. Di situ, kamu butuh mengontrol diri biar bisa meresapi alunan irama yang didengar atau dimainkan. Kebayang kan gimana kalo kamu menyesuaikan diri dengan dunia di luar musik? Lebih gampang gengs.

Pokoknya, belajar musik itu proses yang menyenangkan. Jerih payah bisa memainkan musik tuh bakal kebayar kok dengan hasil yang didapat nanti. Terus belajar dan nikmati musik ya gengs~

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"