Arti Encore Itu Apa Sih? Istilah yang Muncul di Konser Musik

Arti Encore Itu Apa Sih? Istilah yang Muncul di Konser Musik

Dalam pagelaran konser musik dikenal dengan istilah encore. Arti encore mungkin tidak semua orang mengerti. Padahal bagian encore yang biasanya ada di akhir konser selalu ditunggu-tunggu penonton karena encore selalu penuh kejutan. 

Encore ternyata diambil dari bahasa Prancis yang terdiri dari beberapa makna yakni belum, lagi, masih, lainnya, dan lebih. Menurut Cambridge Dictionary encore aalah lagu atau karya musik tambahan dalam akhir pertunjukan karena permintaan dari penonton.

Dan dalam dunia musik encore terdiri dari dua hal yakni encore stage dan encore concert. Untuk encore stage muncul di akhir konser sementara encore concert munculnya sebagai penutup rangkaian konser atau hari terakhir konser.

Arti Encore di Konser Musik (Radar Bogor)

Memang yang lebih sering dikenal masyarakat adalah encore stage sebagai penampilan tambahan musisi yang konser. Si artis akan pura-pura meninggalkan panggung dan mengutarakan kalimat perpisahan. Penonton konser tidak terjebak untuk segera pulang melainkan menunggu encore.

Penonton akan sumringah dan meneriakkan permintaan encore kepada musisi yang pura-pura menyudahi konser. Penonton akan berteriak “we want more” dan kata-kata lainnya sebagai permintaan agar musisi kembali ke panggung dan menyanyikan encore.

Encore tersebut akan muncul dengan tiba-tiba. Musisi saat menyanyikan lagu-lagu di bagian encore tidak banyak, hanya tiga atau dua lagu saja. Lagu-lagu yang ada di bagian encore merupakan lagu tambahan dalam konser karena tidak termasuk dalam daftar yang ada di set list lagu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"