7 Lagu Daerah Bali Terpopuler Dan Punya Makna Mendalam, Sudah Tahu Belum?

7 Lagu Daerah Bali Terpopuler Dan Punya Makna Mendalam, Sudah Tahu Belum?

Lagu daerah Bali merupakan budaya yang tidak kalah menarik untuk dibahas selain pariwisatanya yang beragam. Walaupun tidak sepopuler tariannya, tapi lagu-lagu daerahnta juga punya arti khusus dan makna mendalam untuk masyarakat Bali. 

Seperti yang sudah diketahui, Bali adalah salah satu daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Bali punya banyak budaya yang menarik perhatian dunia.

Terbukti, banyak wisatawan mancanegara terus berdatangan karena penasaran dengan keindahan dari budaya daerah ini. Lalu apa saja lagu daerah Bali yang populer itu? Berikut yang berhasil dirangkum.

1. Janger

Janger merupakan lagu yang menggambarkan tentang rasa senang para pemuda pemudi yang tinggal di Bali. Dalam lagu ciptaan I Gede Dharma ini dikisahkan soal optimisme dan suasana hangat perdesaan yang bakal dirasakan siapa pun yang datang ke tanah Bali. Biasanya, Janger tidak dimainkan sendiri. Melainkan sebagai pengiring tarian rakyat Bali yang dibawakan secara berpasangan pria dan wanita.

2. Macepet-Cepetan

Ilustrasi Masyarakat Bali 1 (Tokopedia)

Tampak dari judul lagunya yakni Macepet-Cepetan menggambarkan tentang karakter yang harus dimiliki oleh orang Bali. Di mana, nada suaranya yang ceria dan cepat seakan mencerminkan sifat orang Bali yang cepat dalam menyelesaikan masalah ataupun pekerjaannya.

3. Ratu Anom

Ratu Anom mungkin sudah sangat familiar di telinga masyarakat dan jadi bagian dari budaya Bali. Biasanya, lagu daerah ini dinyanyikan oleh anak-anak Bali di lingkungan rumah atau sekolah. Lagu Ratu Anom penuh makna dan memberi keyakinan dalam hidup. Nadanya yang unik dan khusyuk membuat lagu ini kerap dijadikan lagu pengantar tidur bagi anak-anak.

4. Dewa Ayu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"