Ngaku Gay! Artis Populer Korea Di Blacklist Stasiun TV Sampai 3 Tahun, Ungkap Sosok Ini Yang Berjasa Kembalikan Kariernya

Ngaku Gay! Artis Populer Korea Di Blacklist Stasiun TV Sampai 3 Tahun, Ungkap Sosok Ini Yang Berjasa Kembalikan Kariernya

Identitas seksual merupakan salah satu topik yang bersifat sensitif dan tabu di sejumlah negara termasuk di Korea Selatan. Seiring dengan ini, ada artis populer yang pernah di-blacklist oleh stasiun TV setelah terang-terangan menyatakan dirinya sebagai gay. Artis itu adalah Hong Seok Cheon.

Diketahui aktor yang juga pengusaha restoran ini membuat pernyataan mengejutkan bahwa dia seorang gay di tahun tahun 2000. Dia menjadi aktor Korea pertama yang terbuka tentang orientasi seksualnya sebagai penyuka sesama jenis meski berujung blacklist. Sampai akhirnya, ada sosok yang berjasa mengembalikan kariernya.

Kisah ini diungkap Hong Seok Cheon saat menjadi bintang tamu di program YouTube Jessi. Di situ, pria 51 tahun tersebut menceritakan awal mula dirinya menyadari memiliki orientasi seksual yang berbeda sejak duduk di bangku SMP. Ketika itu, dia mengaku sempat menolak untuk menerimanya.

Hong Seok Cheon Saat Berbincang Dengan Jessi (YouTube/Mobidic)

"Sejak aku SMP, aku menemukan bahwa 'aku berbeda'. 'Apa ini?' Tapi aku tidak mau mengakuinya dan menolak untuk menerima ini. Aku sempat takut. Aku melewati masa-masa sulit sampai masa kuliah," ungkap Hong Seok Cheon yang dikutip dari kanal YouTube Mobidic.

Lebih lanjut, ayah dua orang anak ini menjelaskan tentang momen akhirnya dia memutuskan untuk mengungkap identitasnya. Tapi pengakuan itu justru membuatnya dilarang tampil di stasiun televisi sampai 3 tahun lamanya. Kejadian ini tentu membuatnya sangat kesulitan.

"Aku berpikir, 'akankah orang akhirnya menerima orang sepertiku di dekade baru ini?’ Karena paradigma sudah berubah. Jadi akhirnya aku memutuskan untuk keluar di tahun 2000, tetapi semuanya sama saja. Aku mengalami waktu yang sangat sulit dan selama sekitar 3 tahun, aku tidak bisa tampil di siaran apa pun," imbuhnya.

Bahkan saat Hong diumumkan bakal comeback tampil di layar kaca melalui drama SBS bertajuk Perfect Love di tahun 2003, masyarakat melakukan aksi protes besar-besar. Mereka menentang penampilan Hong Seok Cheon di TV. Namun akhirnya, kariernya bisa kembali berkat sutradara dan penulis drama tersebut yang membelanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"