Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia? Yuk, Kita Cari Tahu Jawabannya!

Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia? Yuk, Kita Cari Tahu Jawabannya!

Mengapa budaya Korea populer di Indonesia? Pertanyaan itu sering dilontarkan anak yang lahir tahun 2000 ke atas. Wajar sih, soalnya mereka memang tak merasakan sejarah awal mulanya. Seperti yang kita tahu, gelombang budaya Korea atau Hallyu telah menjadi berkah bagi Korea, bisnis, budaya, dan citra negaranya. Sejak awal 1999, Hallyu telah menjadi salah satu fenomena budaya terbesar di Asia.

 

Efek Hallyu sangat luar biasa, menyumbang 0,2% dari PDB Korea pada tahun 2004, berjumlah sekitar USD 1,87 miliar. Baru-baru ini pada tahun 2019, Hallyu diperkirakan telah meningkatkan ekonomi Korea sebesar USD 12,3 miliar.

 

Selama dua dekade terakhir, Korea Selatan menjadi sangat kaya dan sangat futuristik. Pada tahun 1965, PDB per kapita Korea lebih kecil dari Ghana. Saat ini, Korea Selatan adalah ekonomi terbesar ke-12 di dunia.

# Asal usul Kepopuleran Budaya Korea di Indonesia dan Dunia

 

Asal-usul Hallyu dikaitkan dengan beberapa film dan drama TV yang dirilis pada tahun 1999. “Swiri”, sebuah film inspiratif tentang spionase Korea Utara/Korea Selatan yang dirilis pada tahun 1999, memberikan Hallyu wajah publik karena menjadi sangat sukses di negara-negara Asia Tenggara. Kemudian diikuti sebuah drama berjudul “Autumn in my heart” pada tahun 2000 yang menopang kegembiraan yang diciptakan oleh Swiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"