Yuk Kenalan Sama Enochlophobia, Fobia Keramaian yang Bikin Kamu Selalu Ketakutan

Yuk Kenalan Sama Enochlophobia, Fobia Keramaian yang Bikin Kamu Selalu Ketakutan

Pernahkah kamu mendengar istilah enochlophobia atau lebih dikenal dengan fobia keramaian? Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kondisi ini. Mungkin orang tersebut memiliki pengalaman buruk, sehingga menimbulkan trauma yang tidak bisa hilang hingga kini.

Sebagian orang mungkin merasa senang ketika berada di dalam keramaian, seperti konser, pasar malam, bioskop, atau pusat perbelanjaan. Sayangnya ada sejumlah orang yang bukannya senang ketika pergi ke pusat keramaian, mereka justru ketakutan dan ingin segera pulang.

Apa itu Fobia Keramaian?

Apa itu Fobia Keramaian? Enochlophobia atau Fobia Keramaian (via Calm Sage)

Mengutip Siloam Hospitals, fobia keramaian atau juga bisa disebut dengan enochlophobia merupakan salah satu bentuk gangguan kecemasan  yang tidak normal saat seseorang berada di dalam keramaian. Para penderita enochlophobia merasa takut dilukai, terjebak, dan tersesat di dalam keramaian, meski hal tersebut belum tentu terjadi.

Sayangnya, para penderitanya tidak mampu menjelaskan ketakutan yang mereka rasakan, sehingga mereka tidak mampu mengendalikannya. Enochlophobia dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Sebab, mereka tidak mampu memprediksi kapan mereka akan berada di dalam keramaian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"