Selain Bikin Sedap Masakan, Daun Jeruk Purut Ternyata Punya Manfaat Lain yang Fantastis! Apaan Tuh?

Selain Bikin Sedap Masakan, Daun Jeruk Purut Ternyata Punya Manfaat Lain yang Fantastis! Apaan Tuh?

Daun jeruk purut kering dapat digunakan lebih dari sekadar menambah rasa pada resep lho, Bun.

Daun jeruk purut atau Makrut berasal dari Citrus hystrix, buah tropis asli Asia. Daun ini memiliki kegunaan yang jauh lebih banyak daripada yang disadari kebanyakan orang. Jadi, gak cuma buat menyedapkan masakan ya, Bun.

Daun jeruk purut untuk sambal matah (liputan6.com)

Bunda lebih baik menggunakan daun jeruk purut kering untuk persiapan DIY daripada yang segar. Meskipun begitu, manfaatnya sama baiknya kok!

Tradisi pengobatan herbal di Asia telah lama mengakui manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun jeruk purut. Penasaran apa saja? Berikut adalah 4 kegunaan daun jeruk purut (makrut) yang jarang diketahui:

1. Potpourri Dengan Daun Jeruk Nipis

Jika Bunda suka membuat bunga rampai, tambahkan daun jeruk purut ke dalam campuran lain kali. Daun ini menambahkan aroma jeruk yang menyegarkan ke campuran bunga rampai buatan sendiri.

Untuk mengeluarkan aroma daun jeruk purut, Bunda harus menghancurkannya hingga memar. Ini akan melepaskan aroma dan minyak yang bermanfaat.

Aromanya saja adalah salah satu manfaat utama daun jeruk purut. Orang yang berlatih aromaterapi menggunakan aroma daun jeruk purut untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Campurkan daun ini dengan komponen jeruk lainnya untuk membuat campuran bunga rampai yang meremajakan.

2. Mandi Air Panas Dengan Daun Jeruk Nipis Kering

Manfaat aromaterapi memang salah satu nilai plus dari daun jeruk purut.

Cukup tambahkan 2 hingga 3 daun jeruk purut ke bak mandi saat air panas turun. Hancurkan daun terlebih dahulu untuk melepaskan lebih banyak aroma dan minyaknya ke dalam air.

Mandi air panas adalah salah satu penggunaan daun jeruk purut terbaik karena bermanfaat bagi kulit dan rambut secara bersamaan.

3. Teh Daun Jeruk Nipis dan Serai

Teh daun jeruk purut baik untuk meningkatkan kesehatan mulut. Juga baik diminum saat sedang batuk atau sakit kepala.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"