Mitos Atau Fakta, Kerokan Ampuh Sembuhkan Masuk Angin

Mitos Atau Fakta, Kerokan Ampuh Sembuhkan Masuk Angin

Seseorang yang merasa kurang enak badan atau masuk angin biasanya memilih menyembuhkannya bukan dengan minum obat melainkan kerokan. Sejak dulu metode kerokan memang masih sama, dengan menggunakan uang logam dan mulai mengerok permukaan kulit mulai dari belakang lehar, punggung, hingga sebagian dada yang sebelumnya sudah dibalur dengan minyak angin atau balsem.

Kerokan ternyata tak cuma populer di Indonesia saja karena banyak warga di negara tetangga di Asia sering melakukan pemulihan mirip dengan kerokan.Vietnam dan China menyebut nama lain kerokan, gua sha di China dan cao gio di Vietnam.

Kerokan sebagai sebuah metode menyembuhkan masuk angin ternyata bukan mitos atau isapan jempol belaka. Dilansir dari Halodoc, walaupun belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal itu, namun saat tubuh dikerok memang sirkulasi pada jaringan lunak di tubuh akan terangsang sehingga aliran darah pada bagian tersebut akan kembali lanca

Ilustrasi Kerokan (Kompasiana)

Kadang orang yang dikerok bertanya kepada orang yang mengerok tubuhnya soal warna merah pada bagian tubuh yang dikerok. Ternyata warna merah memiliki arti jika kondisi tubuh akan lebih rileks dan hangat sehingga kondisi masuk angin dalam tubuh perlahan membaik.

Selain menyembuhkan masuk angin, kerokan disebut bisa menjadi metode pengobatan bagi beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti pembengkakan payudara bagi ibu yang sedang menyusui, sakit pada leher, hingga migrain atau sakit kepala sebelah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"