6 Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan

6 Manfaat Makan Tomat untuk Kesehatan

Tomat kaya akan zat yang disebut likopen. Kandungan ini memberi mereka warna merah cerah dan membantu melindungi mereka dari sinar ultraviolet matahari. Dengan cara yang sama, likopen dapat membantu melindungi selmu dari kerusakan. Tomat juga memiliki potasium, vitamin B dan E, serta nutrisi lainnya yang bagus untuk tubuhmu.

Berikut ini  manfaat tomat untuk kesehatan tubuhmu:

Tomat ceri (rey.id)

1. Daya Tahan Tubuh

Likopen adalah antioksidan.  Ia melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuhmu. Oleh karena itu, makanan tinggi likopen, seperti tomat, dapat menurunkan kemungkinan kamu terkena kanker paru-paru, perut, atau prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka mungkin membantu mencegah penyakit pada pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara, dan leher rahim juga.

2. Menyehatkan Jantung

Likopen juga dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol “jahat”, serta tekanan darahmu. Dan itu dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Nutrisi lain dalam tomat, seperti vitamin B dan E serta antioksidan yang disebut flavonoid, juga dapat meningkatkan kesehatan jantungmu.

3. Menyehatkan Mata



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"