Yuk Cobain Memulai Traveling tanpa Meninggalkan Sampah

Yuk Cobain Memulai Traveling tanpa Meninggalkan Sampah

Jangan nyampah waktu traveling dengan tetap mempraktikkan zero waste dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Saat traveling, banyak orang yang memilih segala sesuatu yang praktis karena berhubungan dengan barang bawaan yang lebih ringkas. Apalagi kalau kamu tipe orang yang suka backpacker-an, membawa banyak barang tentu bakalan lebih ribet. Ya nggak jarang ujung-ujungnya pilih barang sekali pakai karena tinggal buang dan nggak perlu berat-berat dibawa dalam tas. 

Sayangnya, kebiasaan kayak gitu sama sekali nggak ramah lingkungan. Memang terasa praktis sih, tapi jadinya kamu malah banyak nyampah. Sebenarnya ada kok cara-cara yang mudah dilakukan biar kamu bisa traveling tanpa nyampah. Ini cuma masalah kebiasaan kok, pasti bisa kalau memang udah ada niat baik untuk mempraktikkan zero waste dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Selalu bawa botol minum ke mana pun (stylecaster.com)

Botol minum

Pastikan kamu selalu bawa botol minum ke mana pun, biar nggak harus beli air minum kemasan yang ujung-ujungnya jadi sampah. Sebelum bepergian, kamu bisa isi air minum di hotel, misalnya waktu sarapan. Kemudian, kamu bisa isi lagi botol minum waktu di tempat makan. Botol minum juga bisa dimanfaatkan kalau lagi ingin beli minuman dingin seperti jus atau kopi yang fresh tanpa kemasan. 

Biasakan makan di tempat

Memulai kebiasaan makan di tempat juga bisa jadi cara mudah biar nggak meninggalkan sampah bungkus makanan. Tapi perhatikan juga penyajian di tempat makan, apakah pakai wadah dan alat makan sekali pakai? Sebisa mungkin cari restoran yang memang pakai peratan makan yang bisa digunakan kembali.

Bawa snack bag (momtastic.com)

Bijak pilih jajanan

Makan utama aman, kini saatnya lebih bijak saat kamu jajan. Traveling dan mencoba berbagai kuliner khas tuh memang erat banget hubungannya. Tapi, banyak jajanan yang dikemas pakai wadah sekali pakai, misalnya plastik atau styrofoam. Untuk mengakalinya, kamu bisa bawa wadah sendiri, misalnya kotak makan kecil atau snack bag dari bahan kain untuk cemilan kering. 

Reusable kit

Paling penting memang bawa beberapa reusable kit selama traveling, ini termasuk tas belanja, peralatan makan kayak sendok dan garpu, sedotan stainless, sapu tangan buat gantiin tisu, menstrual cup sebagai pengganti pembalut, kotak makan lipat yang biasanya berbahan silikon, dan cotton pad untuk gantiin kapas sekali pakai.

Pilih produk dengan size kecil (ayewanderful.com)

Perlengkapan mandi

Cara lain buat mempraktikkan zero waste adalah dengan bawa perlengkapan mandi sendiri. Kamu pasti sadar kalau kebanyakan hotel menyediakan berbagai perlengkapan mandi sekali pakai, mulai dari sabun, sampo, pasta gigi, body lotion, sikat gigi, dan sisir. Setelah dipakai, mungkin bahkan nggak sampai habis, semua produk itu akan dibuang dan menjadi sampah. Jadi, akan lebih baik kalau kamu membawanya sendiri dari rumah dengan wadah-wadah kecil biar tetap praktis.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"