Wajib Mampir, Ini Destinasi Sentra Batik Terpopuler di Indonesia

Wajib Mampir, Ini Destinasi Sentra Batik Terpopuler di Indonesia

Semua pasti sudah tahu kalau batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia. Karena itu, nggak heran kalau terdapat sejumlah sentra batik terpopuler di Indonesia yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Seperti diketahui, batik dari Indonesia resmi diakui sebagai warisan dunia non-bendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2019. Sejak saat itulah, industri batik di Indonesia semakin berkembang dan membuat bangga bangsa Indonesia. Lantas, di mana saja sih sentra batik yang disebut populer di Indonesia? Mengutip laman Kemenparekraf, berikut ini daftarnya.

1. Sentra Batik Trusmi Cirebon

Destinasi Sentra Batik di Indonesia (via Bang Firman's Blog)

Sentra batik pertama yang populer di Indonesia adalah Sentra Batik Trusmi Cirebon. Sentra batik yang berlokasi di kawasan plered ini sudah dikenal sebagai tempat pengrajin batik terbaik. Karena itu, nggak heran kalau ada sekitar 3000 pelaku industri batik menghuni desa yang dijadikan sentra batik ini. Di sini para wisatawan tidak hanya bisa menikmati kain batik yang cantik, tapi juga bisa langsung belajar membatik dari para pengrajin di sana.

2. Kampung Batik Kauman Pekalongan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"