Tips Packing Ala Traveling Light Bikin Jalan-Jalan Kamu Nggak Ribet Sama Bawaan

Tips Packing Ala Traveling Light Bikin Jalan-Jalan Kamu Nggak Ribet Sama Bawaan

Demi liburan yang lebih bahagia, kamu bisa mengikuti tips ini.

Waktu mau traveling, rasanya kamu ingin bawa banyak barang biar nanti nggak ada kekurangan. Padahal, semakin banyak barang yang kamu bawa waktu liburan, makin ribet dan nggak praktis lho. Kamu malah susah bergerak dan mobilitas kamu jadi terbatas karena kebanyakan barang bawaan, belum lagi ditambah belanjaan kamu nanti di tempat tujuan. 

Belum lagi, kamu jadi cemas takut ada barang yang ketinggalan. Pikiran kamu jadi keburu mumet karena  kebanyakan mikirin barang bawaan dan sedikit-sedikit harus cek barang untuk memastikan nggak ada yang hilang. Ujung-ujungnya, momen traveling malah bikin kamu stres dan nggak menikmati perjalanan. 

Nah, biar momen jalan-jalan kamu jadi lebih berkualitas dan kamu pun lebih happy, cobain deh konsep traveling light atau sesederhana bawa sedikit barang saat kamu melancong. Mau tahu kayak apa? Yuk ikutin tipsnya:

Ransel (nomadsworld.com)

Pilih tas yang lebih kecil

Ke mana pun kamu pergi, pilihlah tas atau koper kecil. Ini adalah langkah awal mencapai traveling light. Ya, dengan tas kecil, kamu jadi bisa mengontrol barang bawaan. Tipsnya sederhana aja sih, bawa barang yang memang akan kamu butuhkan, bukan yang kira-kira akan butuh.

Sekali kamu tergoda bawa tas besar, semakin besar juga keinginan kamu mengisi tas sampai penuh. Padahal, barang yang kamu butuhkan sebenarnya sih udah cukup di tas kecil. 

Pakaian dan sepatu

Mau pergi tiga hari, dua minggu, bahkan sebulan pun sebenarnya kamu nggak butuh lho bawa banyak baju dan sepatu untuk ganti-ganti. Misalnya, cukup bawa dua celana panjang, satu celana pendek, enam kaos, satu sepatu, satu sandal, dan satu jaket saja sudah cukup. Kalau pergi dua minggu atau lebih?

Kamu tinggal cuci sendiri atau laundry di penginapan. Pakaian pun bisa dipakai dua kali lho kalau kebetulan ada kegiatan yang pendek. Untuk sepatu dan jaket, bisa kamu pakai waktu berangkat dan pulang ya biar tas nggak kepenuhan.

Traveling light (indietraveller.co)

Bawa barang ukuran kecil

Untuk pakaian, kamu bisa pilih yang bahannya ringan dan bisa digulung kecil. Sementara untuk peralatan mandi dan kecantikan, bisa pindahkan ke wadah-wadah mini. Kalau penginapan menyediakan handuk dan peralatan mandi, berarti tas kamu bisa lebih kosong.

Tapi, jangan tergoda buat bawa barang lain yang nggak penting, ya! Pun kalau harus bawa hair dryer atau catokan, pilih yang ukuran kecil ya. 

Bawa tablet

Liburan tetap harus kerja dan ingin baca buku? Nggak perlu deh ribet bawa laptop dan buku, kamu bisa alihkan ke komputer tablet yang lebih ringan dan praktis. Pastinya nggak akan menuhin isi tas. Kalau memang kamu sering traveling sambil kerja, mungkin bisa menabung buat beli laptop yang tipis dan kecil.

Isi tas (tortugabackpacks.com)

Jangan takut kekurangan barang

Buang jauh-jauh pemikiran takut kekurangan barang. Soalnya, pemikiran ini yang biasanya bikin orang jadi banyak bawa barang. Kalau tiba-tiba kamu kehujanan dan baju basah, masih ada baju lain di tas yang bisa dipakai untuk keadaan darurat, kan? Kalau semua sudah terlalu kotor pun, kamu bisa menemukan penjual pakaian di tempat wisata atau niat pergi ke pusat perbelanjaan.

Kalau di penginapan ternyata nggak ada peralatan mandi, kamu bisa membelinya di warung atau minimarket. Nggak usah takut ya! Apalagi kalau kamu memang liburan di perkotaan atau daerah wisata, dijamin semuanya masih bisa dibeli kalau ada apa-apa.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"