Punya dana sedikit tapi pengin jalan-jalan? Bisa kok. Tekan aja dana di sana-sini, termasuk biaya makan! Gini caranya ngirit urusan makan waktu traveling.

Kamu mau pergi traveling low budget? Tenang, perjalananmu masih tetap bisa asyik kok dengan dana pas-pasan. Kalau biaya transportasi dan penginapan sudah ditekan, kamu juga bisa menekan uang makan nih selama jalan-jalan. 

Nggak perlu bawa mi instan sampai sekardus demi ngirit waktu traveling. Dengan perhitungan yang tepat, kamu tetap bisa menyesuaikan dengan dana yang ada.

Budget traveling (crossfitelkhorn.com)

Tentukan Budget

Hal paling penting sebenarnya memastikan bahwa kamu memang menentukan biaya makan sejak awal. Sebagai contoh saja, kamu cuma punya budget 1 hari Rp100 ribu. Maka dalam sehari, kamu tinggal menyesuaikan dengan itu. Kalau ada sisa, bisa dipakai makan lebih fancy keesokan hari.

Makanan instan (rumahukm.com)

Bawa bekal makanan

Demi ngirit atau kamu pergi ke tempat yang makanannya mungkin nggak cocok dengan lidahmu, sebaiknya pilih penginapan yang punya fasilitas dapur pribadi atau umum. Dengan cara ini, kamu bisa bawa bekal makanan yang tinggal dipanaskan atau mudah dimasak, misalnya rendang atau dendeng kemasan, tuna kalengan, mi instan, atau pasta instan. 

Selalu bawa botol minum

Mungkin kamu nggak sadar, tapi biaya buat beli minum selama traveling tuh lumayan lho. Daripada sedikit-sedikit beli minum, biasakan untuk selalu bawa botol minum. Untuk menyiasatinya, kamu bisa beli botol minum ukuran besar yang tentunya lebih murah, lalu pindahkan ke botol minum kamu agar lebih mudah dibawa.

Ngirit saat traveling? Bisa kok! (betterhealth.vic.gov.au)

Manfaatkan sarapan gratis di hotel

Kalau hotel kamu menyediakan sarapan gratis, jangan lupa manfaatkan ini. Bisa ngirit banyak jadinya karena kamu mengurangi biaya makan sekali dalam sehari. Biasanya meksipun kamu nginep di hostel atau guest house low budget, mereka akan sediakan sarapan sesederhana roti atau nasi goreng. Lumayan, kan?

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations