Siapa sih yang nggak suka belanja? Nggak melulu identik dengan pemborosan kok. Memanjakan diri sendiri dengan belanja sambil liburan sesekali nggak apa-apa kok, gengs. Ikutin aja tips ini biar kamu tetap bisa ngirit.

Waktu liburan ke tempat yang terkenal sama barang-barang lucu, unik, atau punya barang-barang dari brand ternama dengan harga miring, ini pasti jadi daya tarik tersendiri untuk wisata belanja. Ya, siapa sih yang nggak suka belanja? Sesekali membahagiakan diri sendiri dengan belanja nggak apa-apa kok, gengs. 

Tapi sebelumnya kamu juga harus melakukan beberapa persiapan biar wisata belanja kamu nggak berantakan dan bikin kamu mendadak jatuh miskin waktu pulang liburan.

Wisata belanja (makemytrip.com)

Buat daftar barang belanja

Sebelum berangkat, lakukan riset barang apa aja sih yang ada di tempat liburan kamu. Misalnya, barang-barang vintage, sneakers langka, mainan, atau barang branded dengan harga miring. Setelah itu, kamu bisa tentukan, misalnya ingin membeli apa saja dengan kisaran berapa. 

Atur budget

Bukan nggak mungkin waktu liburan nanti kamu bertemu dengan barang-barang idaman kamu yang harganya ternyata nggak murah. Belum lagi liat barang-barang lucu dengan harga miring yang kemungkinan bikin kamu kalap. Pentingnya mengatur budget selama kamu belanja, jangan sampai pulang-pulang kamu kehabisan uang atau malah berhutang.

Siapkan budget belanja (wahadventures.com)

Jangan kalap

Mungkin kamu pun menyadari, ketika belanja saat liburan, rasanya sering kalap. Ini karena kamu berpikir pendek untuk membeli sebuah barang, yang kalau sudah pulang rumah, bisa bikin menyesal. Nah, jangan sampai deh kejadian kayak gini. Saat belanja, pastikan kamu tetap membeli barang-barang yang memang kamu butuhkan dan pasti terpakai aja ya, gengs. 

Jangan lupa menawar bahasa lokal

Kalau kamu beli barang-barang di pengrajin, misalnya tas, aksesoris, atau kerajinan khas lokal, jangan lupa menawar biar dapat harga lebih murah. Biar meyakinkan, kamu bisa lho belajar menawar pakai bahasa lokal.

Belanja (travelwireasia.com)

Bawa kantong belanja sendiri

Meski sepele, tapi bawa tas belanja sendiri ini penting, gengs. Kamu bisa bawa satu tas besar untuk belanja. Ini menghindari ada belanjaan kamu yang ketinggalan kalau kebanyakan kantong. Apalagi barang-barang kecil yang bisa aja jatuh. Dengan satu tas besar, kamu juga jadi nggak ribet sendiri selama jalan-jalan.

Hati-hati barang bawaan

Belanja memang seru banget, gengs, tapi jangan lupa untuk berhati-hati. Nggak menutup kemungkinan kalau bisa aja ada copet, barang ketinggalan, atau handphone jatuh. Meski kamu lagi semangat belanja, selalu utamakan keselamatan kamu dan barang penting yang kamu bawa ya.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations