Serba-Serbi Mauna Kea, Gunung yang Seharusnya Tertinggi di Dunia

Serba-Serbi Mauna Kea, Gunung yang Seharusnya Tertinggi di Dunia

Selain pemandangan pantai dan lautnya, Kepulauan Hawai Amerika Serikat juga memiliki satu obyek alam yang cukup terkenal yaitu Gunung Mauna Kea. Ia merupakan gunung yang berada di pusat Pulau Hawai.

Gunung berapi yang sudah tidak aktif ini tercatat memiliki sejumlah fakta menarik yang bisa kalian simak. Yuk kita lihat apa saja serba-serbi keunikan dari gunung Mauna Kea ini gengs.

1. Mauna Kea merupakan gunung berapi purba

1. Mauna Kea merupakan gunung berapi purba Serba-serbi gunung Mauna Kea dari Kepulauan Hawai (wikipedia.org)

Kepulauan Hawai terkenal memiliki sejumlah gunung berapi yang sangat aktif. Dan dulunya Mauna Kea juga tak kalah aktifnya. Namun kini gunung yang berusia 1 juta tahun tersebut sudah berhenti sejak ratusan tahun yang lalu.

Kini gunung yang juga dibuka untuk wisatawan ini memiliki pasokan magma yang sangat rendah, bahkan diprediksi sudah tak akan mengalami erupsi besar di masa-masa sekarang. Terakhir meletus diperkirakan 6000 hingga 4000 tahun yang lalu.

2. Mauna Kea menjadi bagian budaya masyarakat

2. Mauna Kea menjadi bagian budaya masyarakat Serba-serbi gunung Mauna Kea dari Kepulauan Hawai (keolamagazine.com)

Orang Hawaii dulu menamakan gunung ini Mauna a Wakea yang berarti 'Gunung Putih'. Pada zaman dulu, mereka percaya bahwa gunung tersebut merupakan asal-usul nenek moyang mereka. Daerah tersebut merupakan tempat damai dan tempat berkumpulnya para dewa, seperti dicatat dalam laman Hawaii.

Selain itu, Mauna Kea juga menjadi habitat bagi banyak tanaman dan hewan langka. Di daerah ini akan ditemukan beberapa spesies tanaman dan hewan yang tidak ditemukan di belahan bumi yang lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"