Perlukah Tamu Hotel Memberikan Uang Tip kepada Petugas Housekeeping? Ini Jawabannya

Perlukah Tamu Hotel Memberikan Uang Tip kepada Petugas Housekeeping? Ini Jawabannya

Saat menginap di hotel dengan waktu lebih dari satu malam, biasanya setiap pagi kamar tamu akan dibersihkan oleh petugas housekeeping yang bertugas di area room attendant.

Nah, apa sih room attendant itu? Untuk diketahui, room attendant merupakan bagian dari housekeeping yang tugasnya hanya untuk membersihkan kamar-kamar yang digunakan oleh para tamu.

Kamu pasti sangat jarang bertemu petugas housekeeping, kan? Sebab biasanya mereka membersihkan kamar-kamar tersebut ketika para tamu sedang tidak ada di kamar. Karena hal itulah para petugas housekeeping sangat jarang menerima uang tip dari tamu.

Namun, perlukah tamu memberikan uang tip kepada petugas housekeeping saat menginap di hotel? Yuk, simak jawabannya!

"Ketika saya pertama kali mulai bepergian dan menginap di hotel, saya tidak tahu bahwa harus memberi tip kepada staf rumah tangga. Ini mungkin juga terjadi bagi banyak orang, benar-benar kecerobohan yang lahir dari ketidaktahuan," kata pakar etiket hidup, Juliet Mitchell, dikutip dari Huff Post.

Laporan yang dibuat oleh The New York Times pada tahun 2017 silam mengatakan bahwa kurang dari sepertiga tamu hotel meninggalkan tip untuk petugas housekeeping. Bahkan jika mereka memberi tip, para tamu mungkin tidak menyadari bahwa itu penting untuk dilakukan setiap hari selama mereka menginap.

Perlukah Memberikan Tip kepada Housekeeping (Family Vacation Critic)

Apa Pentingnya Tamu Hotel Memberi Tip kepada Petugas Housekeeping?

Presiden Mannersmith Etiquette Consulting, Jodi RR Smith, mengatakan mungkin para tamu tidak tahu bagaimana kerasnya para petugas housekeeping itu dalam bekerja.

"Kamar harus dibersihkan, karpet disedot, seprai diganti, tempat tidur dirapikan, handuk diperbaharui, kamar mandi dilap, dan tong sampah dikosongkan. Semua ini harus dilakukan tanpa mengganggu para tamu atau barang-barang mereka dan dalam durasi yang singkat," kata Jodi RR Smith.

Bahkan menurut Unite Here, serikat pekerja yang mewakili lebih dari 100 ribu pekerja hotel di Amerika Utara, kalau petugas housekeeping memiliki jumlah tingkat cedera tertinggi di hotel.

Hal tersebut terjadi dikarenakan tuntutan fisik dan sifat pekerjaan mereka yang sensitif terhadap waktu, belum lagi mereka juga memiliki risiko untuk menghadapi pelecehan dan penyerangan seksual karena harus bekerja sendirian di kamar orang asing.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"