Patung Garuda Wisnu Kencana: Berikut 5 Fakta Menarik Tentangnya

Patung Garuda Wisnu Kencana: Berikut 5 Fakta Menarik Tentangnya

Udah tau belum fakta menarik tentang Patung Garuda Wisnu Kencana?

Udah pernah pergi ke GWK belum alias lokasinya Patung Garuda Wisnu Kencana? Sedikit informasi aja ya, di sana itu termasuk Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang berlokasi di Bukit Ungasan, Jimbran, Bali.

Monumen raksasa ini jadi ikonnya pariwisata di pulau Dewata lho gengs. Berikut lima fakta menarik terkait GWK.

GWK (pegipegi.com)

Patung Tertinggi ke-3 di Dunia

Tahukah kamu gengs, usut-puya usut nih ya, ternyata Patung Garuda Wisnu Kencana itu merupakan patung tertinggi ketiga lho gengs setelah monumen kuil Budha Musim Semi di Henan, China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

Kalau dibandingkan Patung Liberty dari negeri paman Sam, ya jauh lebih tinggi GWK lah. Tingginya aja 121 meter dari tanah lho.

Membutuhkan waktu 28 tahun lamanya

Dibalik megah dan kokohnya patung Patung Garuda Wisnu Kencana ternyata itu hasil ide briliannya I Nyoman Nuarta lho gengs. Mega Proyek GWK ini dimulai semenjak tahun 1989 dan kalau ditarik sampai sekarang ya sekitar 28 tahun lah gengs.

GWK (gwk-culturalpark.com)

Selain Patung ada kesenian lainnya

Tahukah kamu gengs, di kompleks areal Patung Garuda Wisnu Kencana gak cuma patung dan relief aja lho yang bisa kalian nikmati.

Di sana juga kalian bisa menikmati teater, seni tari dan juga seni musik. Kalian juga bisa menikmati panorama belahan selatan di Pulau Bali. Mantap!

Harusnya Letak GWK Menghadap Utara

Tahukah kalian kenapa Patung Garuda Wisnu Kencana harusnya dibuat menghadap utara? Tahukah kalian alasanya gengs?

Menurut keyakinan umat Hindu, Dewa Wisnu harusnya menghadap utara bukan ke selatan seperti saat ini. Karena arah Selatan adalah arah dari Dewa Brahma.

GWK adalah simbol penyelamat (destinasian.co.id)

Simbol penyelamat lingkungan

Patung Garuda Wisnu Kencana bukan dibuat karena tanpa sebab ya gengs. Ternyata tujuannya adalah sebagai simbol penyelamat lingkungan gengs.

Dewa Wisnu melambangkan kekuatan alam semesta, sedangkan burung garuda raksasa melambangkan kebebasan dan pengabdian tanpa pamrih.

Jadi itulah beberapa fakta menarik terkait Patung Garuda Wisnu Kencana. Gimana gengs? Tertarik pergi ke sana?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"