Menjadi Kota Terkecil di Dunia, Seperti Ini Penampakan Kota Hum yang Cuma Punya Tiga Deret Rumah

Menjadi Kota Terkecil di Dunia, Seperti Ini Penampakan Kota Hum yang Cuma Punya Tiga Deret Rumah

Hum merupakan sebuah kota yang berlokasi di Istria, Kroasia. Ia menjadi kota terkecil di dunia. Berada di pusat Istria, kota ini sudah hadir sejak abad pertengahan yang cuma dihuni 20-3- orang saja.

 

Lokasinya sendiri berada di puncak bukit, butuh 2,5 jam perjalanan dari ibukota Kroasia, Zagreb. Kota tua itu disebut berdiri dari tahun 1102 dan sebelumnya dikenal dengan nama Cholm.

 

Dikutip dari Oddity Central, kota Hum cuma punya luas 100 meter dengan lebar 30 meter. Di abad pertengahan, kota tersebut dikelilingi berbatuan yang membentengi wilayah dari serangan bandit.

Kota Hum yang dinobatkan sebagai kota terkecil di dunia (places of juma)

 

Namun benteng tersebut kini tak pernah diperlebar layaknya kota-kota lain di dekatnya. Selain itu, kota Hum juga tak pernah mengalami perkembangan sejak dulu.

 

Sejak tahun 1552, cuma ada pembangunan lonceng serta menara pengawas saja untuk pertahanan maupun tameng dari musuh. Bahkan sampai sekarang, kota kecil ini cuma punya tiga baris perumahan dengan dua jalan.

 

Bangunan maupun rumah di kota tersebut juga tidak melalui modernisasi. Gaya rumahnya pun masih sangat kuno dan klasik, walaupun kini warganya tampil lebih modern.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"