Lukla: Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Lukla: Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Bukan cuma calon pendaki yang harus siap menaklukkan alam, pilot pun dituntut untuk itu.

Dalam dunia penerbangan, bandar udara atau bandara didesain untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dari pesawat dengan aman. Tapi tahukah anda bahwa ada sebuah bandara paling unik di dunia yang punya lokasi paling ekstrem di dunia dan dunia penerbangan?

Adalah Bandara Lukla di Nepal. Bandara ini disebut ekstrem karena berada di ketinggian 2.895 meter di atas permukaan laut. Dalam ketinggian itu, sang pilot pesawat perlu menyiapkan skema pendaratan atau keberangkatan pesawatnya.

Di ketinggian tersebut, pilot perlu memacu pesawatnya lebih cepat lagi mengingat densitas udara yang kian rendah jika lokasi bandara semakin tinggi. Gilanya lagi, dalam ketinggian itu pula, bandara ini punya landasan pacu (runway) sepanjang 527 meter saja. Cukup ekstrem bagi sebuah pesawat untuk terbang atau mendarat.

Nah, sebagai 'gerbang' menuju wilayah Pegunungan Himalaya atau menuju pendakian Everest, bandara ini ternyata juga dikelilingi oleh pegunungan nan curam. Bandara ini praktis dinobatkan pula sebagai bandara paling berbahaya di dunia. Kelihaian pilot menerbangkan pesawat dari dan ke bandara ini pasti punya skill dewa.

Sekali lagi, pilot juga harus berhadapan dengan cuaca ekstrem pegunungan itu. Maklum, cuaca di sekitar pegunungan di ketinggian tersebut dapat berubah secara ekstrem pula. Turbulensi besar kerap terjadi karena laju awan pun ikut berubah setiap waktu.

Buat anda yang berencana mendaki Everest atau Pegunungan Himalaya lainnya, siapkan nyali anda jika ingin lebih cepat sampai ke sana via Lukla. Sebab, satu kesalahan kecil saja, nyawa anda bisa ikut jadi taruhannya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"