Lima Sungai Paling Indah di Dunia, Airnya Jernih Karena Rendah Pencemaran

Lima Sungai Paling Indah di Dunia, Airnya Jernih Karena Rendah Pencemaran

Apa yang kalian bayangkan begitu mendengar kata sungai. Pasti jawabannya berbeda-beda tergantung tempat tinggal kalian. Kalau kalian tinggal di kawasan perkotaan, sungai selalu identik dengan keruh, cemar, dan bahkan penyebab banjir.

Namun berbeda dengan sungai-sungai di kawasan pedalaman ini. Mereka masih sangat bersih dan jernih airnya. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat sejumlah sungai di bawah ini sangat jarang mengalami pencemaran. Hingga menjadi sungai paling indah di dunia.

1. Sungai Caragh - Irlandia

1. Sungai Caragh - Irlandia Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (satnavandcider.wordpress.com)

Beberapa spesies ikan air tawar hidup di dalam sungai ini. Termasuk ikan salmon yang terkenal. Hanya saja tidak setiap waktu dapat ditemukan. Kalau ingin memancing salmon, kalian harus datang pada musimnya yaitu sekitar 17 Januari-30 September. Ada juga ikan trout cokelat yang mampir di sungai padda tanggal 15 Februari-12 Oktober. Sepanjang catatan sejarah, sungai ini mengalami pencemaran yang sangat minim.

2. Sungai St. Croix - Amerika Serikat

2. Sungai St. Croix - Amerika Serikat Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (twincities.com)

Sungai St. Croix bisa dibilang menjadi usaha manusia paling sukses untuk mengembalikan keremajaan sungai. Dulu sungai ini sempat kotor karena tersumbat oleh kayu dan aktivitas perambahan hutan lainnya. Namun melalui National Wild and Scenic Rivers Act di yahun 1968, St. Croix kembali menjadi habitat yang baik untuk sejumlah ikan lokal di sana. Dengan panjang sungai 272 kilometer, menghasilkan debit air besar yang kemudian digunakan menjadi pembangkit listrik tenaga air untuk mengaliri Kota Minneapolis dan Saint Paul.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"