Jalan-jalan ke Gotham City Kuy, Kota Tempat Tinggalnya Joker

Jalan-jalan ke Gotham City Kuy, Kota Tempat Tinggalnya Joker

Jalan-jalan ke Gotham City kuy, kota tempat tinggalnya Joker. Beneran ada loh.

"Joker" belakangan lagi rame dibahas di mana-mana. Joker di filmnya yang lagi happening banget itu tinggal di Kota Gotham. Kota yang sama tempat musuhnya beraksi menumpas kejahatan, Batman.

Gotham City yang kita ketahui sejauh ini emang cuman ada di komiknya DC sih. Kota itu dianggap mirip dengan Kota New York yang metropolitan, penuh dengan gedung tinggi dan kejahatan.

Joker kan tinggal di Gotham ya~ (collider.com)

Terus beneran ada gak sih?

Ya beneran ada lah gengs. Gotham yang beneran di dunia nyata tuh bukan kota, melainkan kawasan pedesaan. Tepatnya di Desa Nottinghamshire, Inggris.

Dalam sensus penduduk tahun 2011 silam, populasi Gotham gak nyampe 1.600-an orang. Jadi gak se-metropolis seperti digambarkan dalam komik DC.

Dalam sebuah artikel di BBC.com, Gotham yang beneran tuh punya kaitan erat dengan Gotham City di komik atau kartun Batman.

Ini Gotham yang beneran, di Inggris (amusingplanet.com)

Debut Batman pertama kali pada Detective Comics nomer 27 terbitan tahun 1939. Dua edisi setelahnya, nomer 29, latar tempat Batman beraksi masih disebut sebagai "kota metropolis yang ramai". 

Tapi kemudian, dua edisi setelah itu, kota tadi disebut dengan jelas sebagai "New York".

"(Setelah itu) penulis Bill Finger mengatakan bahwa ia mengubah namanya menjadi Gotham setelah melihat-lihat buku telepon dan mendapati nama Gotham Jewelers," tulis BBC dalam artikel tadi.

Setelah itu, adopsi nama Gotham itu baru diakui para penulis cerita Batman beberapa tahun kemudian lewat sejumlah kisah dalam komik Manusia Kelelawar itu. Gotham yang mereka maksud adalah kawasan Gotham di Nottinghamshire.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"