Inilah Deretan Tempat Wisata Angker di Banyuwangi, Berani Berkunjung?

Inilah Deretan Tempat Wisata Angker di Banyuwangi, Berani Berkunjung?

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tempat di paling ujung timur pulau Jawa ini dikenal punya banyak mitos dan sederet hal gaib lainnya. Termasuk tempat wisata yang angker.

Tempat wisata angker di Banyuwangi yang dikenal banyak orang adalah Pulau Merah dan Keraton Macan Putih. Padahal, masih banyak yang belum diketahui masyarakat, lho. Mungkin termasuk kamu.

Penasaran tempat wisata angker di Banyuwangi? Simak rekomendasi di bawah ini, Gengs!

1. Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu tempat wisata angker di Banyuwangi yang cukup populer. Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri. Para warga mempercayai bahwa tempat wisata horor Banyuwangi ini bisa bergeser.

Pergeseran tersebut berlangsung pada saat tsunami yang terjadi di kabupaten ini pada 1994 silam. Karena itu, hingga saat ini pantai dari pulau ini sering digunakan untuk sesaji laut.

2. Goa Istana

Tempat wisata angker di Banyuwangi yang kedua adalah Goa Istana. Goa ini dipercaya sebagai pusat dari Alas Purwo. Jadi, Goa Istana ini dianggap sebagai keraton dari sebuah kerajaan Alas Purwo.

Banyak yang percaya bahwa tempat ini dijaga oleh makhluk dari bangsa jin. Ada pula yang memercayai bahwa Bung Karno pernah bersemedi untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul di tempat ini.

3. Keraton Macan Putih

Tempat wisata angker di Banyuwangi selanjutnya adalah Keraton Macan Putih. Keraton ini didirikan oleh Prabu Tawan Alun dan disakralkan oleh warga sekitar. Para warga percaya bahwa Keraton Macan Putih merupakan tempat di mana Prabu Tawang Alun menghilang jasadnya dan kembali ke Tuhan atau biasa juga disebut dengan muksa.

Beredar kabar bahwa tempat ini diyakini memiliki penjaga makhluk astral berupa macan putih yang berasal dari hutan Gunung Raung dan bertugas sebagai pengawal gaib Raja Tawang Alun.

4. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

Tempat Wisata Angker di Banyuwangi, Rumah Sakit Inggris Banyuwangi (Go Travelly)

Tempat wisata angker di Banyuwangi berikutnya adalah Rumah Sakit Inggris. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi ini menjadi saksi bisu di mana Belanda melakukan pembantaian pada saat itu.

Warga sekitar pun menganggap tempat ini angker mereka sering mendengar suara jeritan minta tolong dan melihat penampakan noni Belanda di tempat tersebut.

5. Alas Gumitir

Tempat wisata angker di Banyuwangi lainnya adalah Alas Gumitir. Ada patung penari Gandrung yang ada di pelataran taman. Kejadian mistis seringkali terjadi pada patung tersebut yang bergerak sendiri.

Warga sekitar percaya bahwa tangan kiri dari patung penari Gandrung tersebut bisa bergerak sendiri, ada juga yang percaya bahwa patung ini dijaga oleh makhluk halus.

6. Rowo Bayu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"